Sidang Duplik Kasus RS UMMI

Hanif Alatas Tepis Jaksa: HRS Tak Tularkan COVID ke Masyarakat Bogor

Zunita Putri - detikNews
Kamis, 17 Jun 2021 18:54 WIB
Habib Rizieq Shihab.
Habib Rizieq Shihab (Adhyasta Dirgantara/detikcom)
Jakarta -

Menantu Habib Rizieq Shihab (HRS), Hanif Alatas, dalam dupliknya membantah jaksa yang menyebut perbuatannya memperburuk kesehatan masyarakat Bogor karena kasus swab HRS. Hanif menyebut pernyataan jaksa tidak berdasar.

"Dalam tuntutannya, JPU juga mengatakan bahwa perbuatan saya memperburuk kedaruratan kesehatan masyarakat, sehingga dijadikan pertimbangan yang memberatkan. Sungguh tuduhan tersebut sangatlah tidak berdasar, karena tidak ada satu pun bukti dan fakta persidangan yang menunjukkan bahwa ada perburukan kedaruratan Kesehatan masyarakat yang diakibatkan oleh perbuatan saya," kata Hanif di PN Jakarta Timur, Kamis (17/6/2021).

Hanif mengatakan Habib Rizieq saat di RS Ummi tidak melakukan kontak langsung dengan masyarakat Bogor. Oleh karena itu, menurutnya, Habib Rizieq saat dirawat di RS Ummi tidak masuk kategori memperburuk kedaruratan kesehatan.

"Ketika dan sesudah dirawat di RS Ummi, Habib Rizieq sama sekali tidak melakukan kontak langsung dengan masyarakat Kota Bogor sehingga tidak ada potensi penularan terhadap mereka, apalagi memperburuk kedaruratan kesehatan," katanya.

Dia pun mengutip berita acara pemeriksaan (BAP) Kadinkes Bogor Sri Retno Mars yang menyebut hasil tracing atau penelusuran, tidak ada yang kontak langsung dengan Habib Rizieq. Dia juga membantah pernyataan kalau dr Andi Tatat positif COVID karena tertular Habib Rizieq, menurutnya, Andi tidak melakukan kontak langsung dengan Habib Rizieq.

Dirut Pamer Capaian Kinerja RS Ummi Tangani COVID di Bogor

Direktur Utama RS Ummi, Bogor, dr Andi Tatat memamerkan capaian RS Ummi dalam menangani kasus COVID-19. Andi mengatakan RS Ummi taat dan patuh pada aturan pemerintah terkait penanganan COVID.

Awalnya, Andi menyampaikan RS Ummi adalah salah satu rumah sakit rujukan pasien COVID-19 di Bogor. RS Ummi sudah memiliki 101 ruangan isolasi saat ini.

"Rumah sakit Ummi telah berperan aktif terhadap penanggulangan pandemi COVID-19. Dimulai pasien pertama konfirmasi COVID-19 di kota Bogor yaitu Wali Kota Bogor sendiri yaitu Bima Arya yg juga sebagai Ketua Satgas COVID kota Bogor, saat itu RS Ummi dapat tugas dari Dinkes kota Bogor melakukan swab kepada wartawan, dan pejabat Pemda kota Bogor yang terindikasi paparan Bima Arya selepas pulang dari luar negeri," ungkap dr Andi Tatat.

Andi menyebut selain memiliki fasilitas lengkap untuk menangani pasien COVID. RS Ummi juga beberapa kali melakukan penyuluhan tentang COVID-19 dan bahaya dari virus itu.

Selain itu, RS Ummi juga sudah melayani ribuan pasien. RS Ummi juga memberdayakan karyawannya sebagaimana mestinya, dia juga menyebut dari awal pandemi RS tidak pernah mengeluarkan karyawannya secara sepihak.

"RS Ummi sampai saat ini mempunyai 71 ruangan isolasi. Dari awal Maret 2020 sampai saat ini kami telah meriksa dan merawat pasien COVID 1.671 dari beberapa kalangan. Sebanyak 162 pasien meninggal dan 490 pasien yg sudah diklaim pembayarannya oleh Kemenkes, dan belum ada keterangan sampai saat ini untuk pembayaran berikutnya," tuturnya.

RS Ummi juga disebut Andi selalu taat pada anjuran pemerintah. Dia mengungkapkan RS Ummi juga sudah menambah kapasitas tempat tidur untuk pasien COVID sebagaimana arahan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil.

"RS Ummi telah memenuhi syarat tersebut dari 21 RS yang ada di Bogor, bahkan karena lihat kasus tinggi di Pemkot Bogor, maka saya selaku Dirut segera tambah kapasitas tempat tidur dr 71 menjadi 101 tempat tidur," katanya.

Dia kemudian meminta keringanan pada vonis hakim. Menurutnya, sangat disayangkan jika ada seseorang yang taat pada aturan dan membantu menangani COVID dipidanakan.

"Apabila ada seseorang dengan kesadaran rumah sakit, dan ikuti prosedur kesehatan sangat disayangkan apabila seseorang tersebut malah dipidanakan," kata Andi.

Simak juga Video: HRS Ingatkan Jaksa Soal 'Imam Besar': Hati-hati Jangan Tantang Pecinta Saya!

[Gambas:Video 20detik]



(zap/knv)