Bali-DIY, Ini 6 Provinsi Diapresiasi Kemkes atas Vaksin COVID Lansia

Sui Suadnyana - detikNews
Kamis, 17 Jun 2021 17:49 WIB
Wamenkes Dante Saksono Harbuwono saat ditemui di Grand Inna Bali Beach (Sui Suadnyana/detikcom)
Wamenkes Dante Saksono Harbuwono saat ditemui di Grand Inna Bali Beach (Sui Suadnyana/detikcom)
Denpasar -

Sebanyak enam provinsi mendapatkan penghargaan dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) atas capaian vaksinasi COVID-19 lanjut usia (lansia). Vaksinasi di enam provinsi ini dinilai tinggi.

"Kita berikan penghargaan (atas) gebyar vaksinasi lansia hari ini kepada beberapa daerah (yang) termasuk capaian vaksinasi tertinggi," kata Wakil Menteri Kesehatan (Wamenkes) Dante Saksono Harbuwono di Grand Inna Bali Beach, Sanur Kaja, Denpasar, Kamis (17/6/2021).

Keenam daerah itu adalah Bali, Jawa Timur, Kepulauan Riau, Daerah Istimewa Yogyakarta, Kalimantan Tengah, dan Jawa Tengah.

Menurut Dante, penghargaan ini diberikan karena progres lansia tidak mudah dijalankan dan memiliki banyak kendala. Salah satunya perlu memobilisasi agar lansia mau datang ke tempat vaksinasi.

"Karena itu, beberapa tempat sudah mengambil inisiatif yang cukup agresif, antara lain menjemput bola (atau) mendatangi tempat tempat di mana lansia itu tinggal," kata Dante.

Dante menilai progres vaksinasi lansia di Indonesia sangat kecil. Karena itu, pihaknya perlu mencontoh berbagai daerah yang cakupan vaksinasi lansianya berjalan baik.

"Capaian vaksinasi lansia memang kita secara jujur mendapatkan tidak terlalu tinggi. Tetapi kita upayakan akan tetap maksimal dan kita contoh kepada daerah-daerah yang mencapai cakupan vaksinasi lansianya baik," jelasnya.

Menurutnya, di masa pandemi COVID-19, lansia mendapatkan perhatian yang lebih dari pemerintah. Sebab, lansia itu memiliki kerentanan yang tinggi terkena COVID-19 berat.

"Karena itu, kami berharap program vaksinasi yang diprioritaskan kepada lansia menjadi salah satu bagian dari tanggung jawab kita bersama. Kalau kita sayang kepada bapak dan ibu kita, maka marilah kita jaga bapak dan ibu kita supaya tetap sehat, termasuk dalam menghadapi COVID-19 yang sekarang ini menjadi pandemi," ucapnya.

Dia meminta masyarakat yang merawat lansia mengajak para lansia melakukan vaksinasi sehingga mereka bisa terhindar dari COVID-19. Jika seandainya mereka tetap terjangkit COVID-19, diharapkan gejalanya tidak terlalu berat.

(jbr/jbr)