Jokowi Minta Vaksinasi COVID-19 di Stasiun-Pelabuhan Disegerakan

Marlinda Oktavia Erwanti - detikNews
Kamis, 17 Jun 2021 09:01 WIB
Jakarta -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) pagi ini memantau pelaksanaan vaksinasi COVID-19 bagi pengguna KRL di Stasiun Bogor, Jawa Barat. Jokowi mengatakan vaksinasi massal ini dilakukan lantaran Bogor sebagai kota penyangga memiliki mobilitas yang tinggi.

"Pagi hari ini saya melihat pelaksanaan vaksinasi di Stasiun Kota Bogor. Kita tahu Bogor adalah wilayah aglomerasi penyangga Ibu Kota Jakarta sehingga interaksi mobilitas semuanya tinggi," kata Jokowi di Stasiun Bogor, Jawa Barat, Kamis (17/6/2021).

"Oleh sebab itu, kita ingin memberikan prioritas baik bagi penumpang KRL, kemudian penumpang kereta api, juga para pekerja yang ada di stasiun, untuk melindungi mereka dari COVID-19," lanjutnya.

Jokowi ingin agar vaksinasi COVID-19 di tempat-tempat yang memiliki mobilitas tinggi dipercepat, misalnya di stasiun, terminal, bandara, hingga pelabuhan.

"Kita ingin ada percepatan-percepatan di tempat-tempat yang interaksinya tinggi, yang mobilitasnya tinggi, baik itu stasiun, kereta, terminal bus, airport, dan pelabuhan," ujar Jokowi.

Menurut Jokowi, vaksinasi di tempat-tempat tersebut harus diprioritaskan. Hal itu guna menekan laju penyebaran COVID-19.

"Karena di situlah, kalau tidak kita segerakan, akan terjadi penyebaran dan kita harapkan pagi hari ini dengan dimulainya vaksinasi di stasiun dan lingkungannya. Saya harapkan semuanya bisa terlindungi dari COVID-19," kata dia.

(mae/rfs)