Jokowi Pantau Vaksinasi Pengguna KRL di Stasiun Bogor Bareng Menkes-RK

Wilda Hayatun Nufus - detikNews
Kamis, 17 Jun 2021 08:27 WIB
Bogor -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) memantau langsung pelaksanaan vaksinasi massal COVID-19 di Stasiun Bogor, Jawa Barat. Vaksinasi massal ini diperuntukkan bagi pengguna jasa kereta rel listrik (KRL).

Pantauan detikcom di lokasi, Kamis (17/6/2021) pukul 08.08 WIB, Jokowi datang mengenakan kemeja putih. Jokowi disambut Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, hingga Wali Kota Bogor Bima Arya, yang lebih dulu datang.

Jokowi, Menkes, Ridwan Kamil, dan Bima Arya kemudian berkeliling memantau proses vaksinasi ini. Sesekali mereka berdialog sembari melihat fasilitas di KRL Stasiun Bogor. Saat berdialog, Jokowi menjaga jarak.

Pelaksanaan vaksinasi ini dimulai pada pukul 08.00 WIB. Pemerintah menyiapkan 1.500 dosis vaksin untuk 1.500 pengguna KRL.

"Dipilihnya pengguna jasa KRL sebagai sasaran penerima vaksin karena masuk dalam kategori rentan terpapar COVID-19," ujar Wali Kota Bogor Bima Arya dilansir dari Antara, Rabu (16/6).

Pengguna KRL yang menjadi sasaran vaksinasi ialah warga Bogor yang sehari-hari bekerja di Jakarta. Pengguna KRL, kata Bima Arya, berisiko terpapar COVID-19 karena mobilitasnya.

"Di Jakarta dan Bogor saat ini tren penularan COVID-19 meningkat lagi, sehingga harus diantisipasi. Salah satu langkah antisipasinya adalah melakukan vaksinasi," katanya.

Dalam kesempatan yang sama, Bima Arya menyebut stok vaksin di Dinkes Kota Bogor masih ada tapi jumlahnya terbatas. Untuk itu, ia akan melobi Menteri Kesehatan terkait kiriman tambahan vaksin Corona.

(whn/mae)