Warga Maluku Tengah Nginap di Gunung Pascagempa M 6,1

Muslimin Abbas - detikNews
Rabu, 16 Jun 2021 18:03 WIB
Warga Maluku Tengah yang tinggal di pesisir pantai mengungsi ke gunung pascagempa magnitudo (M) 6 (dok. Istimewa).
Warga Maluku Tengah yang tinggal di pesisir pantai mengungsi ke gunung pascagempa magnitudo (M) 6. (Foto: dok. Istimewa)
Maluku Tengah -

Warga yang tinggal di Desa Negeri Yaputih, Kecamatan Tehoru, Kabupaten Maluku Tengah, Maluku, memilih tinggal di tenda pengungsian di atas gunung pascagempa bumi berkekuatan magnitudo (M) 6 yang mengguncang wilayah tersebut. Warga yang rumahnya berada di garis pantai itu memilih waspada akan ancaman tsunami pascagempa terjadi.

"Masyarakat mayoritas mengungsi di Gunung Ufabidawa," kata warga Negeri Yaputih, Muhajirin Rais, saat dimintai konfirmasi wartawan, Rabu (16/6/2021).

Ada sekitar 60 tenda yang didirikan warga Desa Negeri Yaputih di atas Gunung Ufabidawa pascagempa M 6 yang terjadi Rabu (16/6) siang tadi. Meski malam ini tidur dalam kondisi gelap gulita, warga memilih bertahan. Sebab, siang tadi air laut setinggi setengah meter sempat naik ke wilayah permukiman mereka.

Namun, menurut Rais, sebagian besar yang menginap di tenda pengungsian di Gunung Ufabidawa ialah perempuan dan anak. Sementara itu, sebagian laki-laki dewasa tetap kembali ke permukiman di bibir pantai demi menjaga rumahnya.

"Ibu-ibu dan anak-anak di tenda, sebagian bapak-bapak ada jaga rumah dan sebagian pantau pantai karena info BMKG itu ada potensi terjadinya gempa susulan," kata Rais.

Rais menyebut warga di tenda pengungsian belum mendapat bantuan dari pemerintah. Warga akan meninggalkan tenda pengungsian di gunung jika telah mendapat kabar wilayah mereka aman dari ancaman gempa dan tsunami.

"Untuk sementara bantuan sama sekali belum ada, dari pihak mana pun belum ada. Untuk sementara nginap di gunung sambil menunggu informasi, baik dari BMKG maupun dari pemerintah, kalau bisa turun, kalau kondisi sudah normal, lalu ada informasi baik, baru besok turun," paparnya.

BMKG sebelumnya meminta warga yang tinggal di pesisir Pantai Yaputih langsung lari ke tempat yang lebih tinggi begitu merasakan gempa. Simak selengkapnya di halaman selanjutnya.