detikcom Do Your Magic

Jembatan Gantung nan Lapuk di Srengseng Sawah Ada Sejak 20 Tahun Lalu

Annisa Rizky Fadhila - detikNews
Rabu, 16 Jun 2021 16:34 WIB
Jembatan gantung bak film Indiana Jones di Srengseng Sawah Jaksel-Depok, 16 Juni 2021. (Annisa Rizky Fadhila/detikcom)
Jembatan gantung bak film 'Indiana Jones' di Srengseng Sawah Jaksel-Depok, 16 Juni 2021. (Annisa Rizky Fadhila/detikcom)
Jakarta -

Jembatan gantung dengan permukaan yang lapuk masih ada di sudut ibu kota negara ini, yakni di Srengseng Sawah, Jakarta Selatan, dan Depok, Jawa Barat. Warga setempat menyatakan jembatan itu sudah ada sejak dua dekade silam.

"Waduh, sudah lama dah pokoknya, ada bangsa lebih dari 20 tahun," kata Al Ghazali, Ketua RT 005 RW 007 Kelurahan Pasir Gunung Selatan, Cimanggis, Depok, Jawa Barat, Rabu (16/6/2021).

Dia berbicara kepada detikcom di rumahnya yang berada di kampung selatan jembatan. Selama 20 tahun, perbaikan lapuknya permukaan jembatan bak di film 'Indiana Jones' itu dilakukan ala kadarnya.

"Perbaikinya swadaya masyarakat saja, ganti seng, ganti bambu," kata Alghozali.

Warga sekitar jembatan gantung Srengseng Sawah-Depok sisi selatan. 16 Juni 2021. (Annisa Rizky Fadhila/detikcom)Al Ghazali (Annisa Rizky Fadhila/detikcom)

Dahulu kala, jembatan ini dikatakannya sebagai milik salah satu warga setempat. Warga tersebut membuat sendiri jembatan penghubung yang melintasi Sungai Ciliwung itu.

"Jadi dulu ada pemiliknya, waktu itu dia bikin sendiri, kemudian rusak pun dia tidak membetulkan. Selanjutnya ada bantuan datang. Saat ini, jembatan ini sifatnya umum, punya masyarakat," kata Al Ghazali.

Jembatan gantung bak film 'Indiana Jones' di Srengseng Sawah Jaksel-Depok, 16 Juni 2021. (Annisa Rizky Fadhila/detikcom)Jembatan gantung bak film 'Indiana Jones' di Srengseng Sawah Jaksel-Depok, 16 Juni 2021. (Annisa Rizky Fadhila/detikcom)

Warga Depok ini ingat betul, kabel baja (sling) dan tiang pancang jembatan ini pernah diperbaiki saat era Joko Widodo (Jokowi), yang dulu menjadi Gubernur Jakarta. Ini juga disampaikan oleh RT di Srengseng Sawah, Jakarta Selatan.

"Kondisi saat ini adalah kondisi setelah diperbaiki pada saat Jokowi menjadi Gubernur Jakarta," kata Fauzi selaku Ketua RT 11/RW 02, Srengseng Sawah, Jagakarsa, Jakarta Selatan, di rumahnya.

Warga sekitar jembatan gantung Srengseng Sawah-Depok sisi selatan. 16 Juni 2021. (Annisa Rizky Fadhila/detikcom)Fauzi (Annisa Rizky Fadhila/detikcom)

Berdasarkan catatan pemberitaan detikcom, Jokowi sebagai Gubernur DKI pernah meninjau Srengseng Sawah pada 8 Desember 2012.

Jembatan penyeberangan orang (JPO) itu adalah jembatan yang ditopang oleh kabel baja (sling) dengan permukaan seng-seng. Lebar permukaan sekitar 1 meter dan panjangnya sekitar 20 meter. Jembatan ini menghubungkan Srengseng Sawah, Jakarta Selatan, dengan Pasir Gunung Selatan, Cimanggis, Depok. Kondisi permukaan seng jembatan ini memang lapuk, jembatan juga sedikit goyang ke kanan dan ke kiri bila dilalui.

(dnu/dnu)