Round-Up

Aksi Maling Perabotan di Apartemen Jakarta Bermodus Tukang Renovasi

Tim detikcom - detikNews
Rabu, 16 Jun 2021 06:30 WIB
Polisi tangkap 2 pencuri perabotan senilai Rp 250 juta di apartemen di Jaksel
Polisi tangkap 2 pencuri perabotan senilai Rp 250 juta di apartemen di Jaksel (dok.istimewa)
Jakarta -

Beberapa waktu lalu publik sempat dihebohkan dengan aksi pembobolan rumah mewah di Kedoya, Jakarta Barat dengan modus bongkaran. Modus serupa terjadi di sebuah unit apartemen di kawasan Setiabudi, Jakarta Selatan. Seisi perabotan di unit apartemen ludes dicuri.

Aksi ini diungkap Polsek Metro Setiabudi setelah mendapatkan laporan dari pemilik unit pada Mei 2021 lalu. Pelaku berjumlah dua orang menggondol perabotan di unit apartemen korban dengan modus renovasi.

Kedua pelaku berjenis kelamin pria yang diinisialkan BY (26) dan FQ (30) ini memang bekerja sebagai tukang. Saat pencurian terjadi, keduanya bekerja merenovasi unit apartemen di sebelah unit milik korban.

Kapolsek Setiabudi Kompol Rinaldo Aser mengatakan kedua pelaku ini memanfaatkan situasi untuk melakukan pencurian setelah mengetahui unit apartemen milik korban itu tidak dihuni alias kosong.

"Dua pelaku ini sehari-hari bekerja sebagai tukang renovasi di salah satu unit apartemen. Melihat unit apartemen di sebelahnya dalam kondisi kosong, mereka ini melakukan pencurian," kata Kompol Rinaldo kepada wartawan, Senin (12/6/2021).

Terjadi Sejak Maret

Rinaldo mengungkapkan kedua pelaku melancarkan aksinya sejak Maret 2021. Kasus ini baru diketahui korban pada Mei 2021.

"Pengakuan mereka dilakukan secara bertahap mulai dari bulan Maret. Jadi mereka tidak sekaligus mencuri, tapi ambil yang kecil-kecil, begitu tidak ketahuan terus berlanjut sampai satu unit kosong," katanya.

Rinaldo mengungkapkan, keduanya masuk ke unit apartemen tersebut secara bertahap. Satu per satu barang-barang yang ada di unit apartemen korban diambil oleh kedua pelaku.

"Mulai dari barang-barang yang kecil sampai barang-barang cukup besar di antaranya barang elektronik," tuturnya.


Puluhan item barang dicuri dengan kerugian ratusan juta, simak di halaman selanjutnya

Simak juga 'Bak Adegan Film, Pria di Kaltim Coba Rampok Bank Pakai Pistol Mainan':

[Gambas:Video 20detik]