Tower 8 Wisma Atlet Pademangan Bisa Tampung 1.569 OTG COVID-19

Rakha Arlyanto Darmawan - detikNews
Selasa, 15 Jun 2021 16:29 WIB
Tower 8 Wisma Atlet Pademangan disiapkan untuk jadi lokasi isolasi pasien OTG Corona. Tower itu akan digunakan bila flat isolasi di Wisma Atlet Kemayoran penuh.
Wisma Atlet Pademangan (ANTARA FOTO/MUHAMMAD ADIMAJA)
Jakarta -

Tower 8 Wisma Atlet Pademangan, Jakarta Utara, akan difungsikan sebagai tempat isolasi pasien COVID-19 tanpa gejala atau OTG (orang tanpa gejala). Tower 8 Wisma Atlet Pademangan bisa menampung 1.500-an pasien.

"Sesuai dengan arahan Kepala BNPB, jadi Tower 8 segera mungkin bisa difungsikan untuk nanti tempat isolasi yang pasien tanpa gejala," ujar Koordinator Humas RSD COVID-19 Wisma Atlet Letkol TNI AL M Arifin kepada wartawan di Tower 8 Wisma Atlet Pademangan, Jakarta Utara, Selasa (15/6/2021).

Tower 8 Wisma Atlet Pademangan nantinya dapat menampung hingga 1.500 pasien COVID-19 tanpa gejala. Namun, jika dalam masa perawatannya pasien bergejala atau mengalami kondisi gawat, tidak tertutup kemungkinan akan dirawat di Tower 8 tersebut.

"Jadi bisa menampung 1.569 kira kira bisa dipakai untuk isolasi pasien terutama yang tanpa gejala," ujar Arifin

"Untuk semacam gawat darurat, apabila nanti pasien walaupun tanpa gejala tidak menutup kemungkinan dalam perjalanannya dia tanpa gejala bisa menutup kemungkinan bergejala dan mengalami disaturasi, bisa juga," lanjut Arifin.

Lebih lanjut, Arifin mengatakan di Tower 8 Wisma Atlet juga akan disediakan fasilitas kesehatan seperti tabung oksigen dan berbagai obat-obatan dan vitamin lainnya.

"Jadi disini proyeksi hanya untuk OTG sehingga yang disiapkan oksigen, ada obat emergency kit ada di lantai dasar disiapkan semua. Namun, lebih ke arah kalau tanpa gejala paling pemberian vitamin, istirahat, makan yang cukup ya nanti kan cepat pulih," tutur Arifin.

Sebelumnya, Kepala Satgas COVID-19 Ganip Warsito mengatakan RSDC Wisma Atlet Pademangan membuka Tower 8 Wisma Atlet Pademangan untuk perawatan pasien OTG. Dia mengatakan tenaga kesehatan yang saat ini menempati tower tersebut akan dipindah.

"Pemerintah akan membuka Tower 8 Pademangan untuk perawatan pasien OTG. Tower tersebut saat ini ditempati tenaga kesehatan dan sesuai kebutuhan untuk kita pindahkan nakes tersebut di hotel terdekat," ujar Ganip, Minggu (13/6/2021).

Ganip menuturkan langkah tersebut sebagai bentuk antisipasi lonjakan COVID-19. Jika langkah ini berhasil, Satgas akan menambah 1.572 tempat tidur. Kemudian akan ditambah juga kapasitas isolasi di tiap kamar di RSDC Kemayoran menjadi 3 tempat tidur.

"Sehingga penambahan kapasitas ini bisa menambah 2.000 tempat tidur di RSDC. Dengan demikian, kapasitas RSDC Kemayoran meningkat dari kondisi sekarang 5.994 tempat tidur menjadi 9.566 tempat tidur," paparnya.

(zak/zak)