PAN Usul Mal-Kafe di Jakarta Cuma Boleh Dikunjungi Warga Sudah Divaksin

Karin Nur Secha - detikNews
Selasa, 15 Jun 2021 16:04 WIB
Sekretaris Fraksi PAN DPRD DKI Jakarta, Oman Rohman Rakinda
Oman Rohman Rakinda (Dok. Istimewa)
Jakarta -

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengungkapkan sebanyak 2,89 juta warga di Jakarta sudah disuntik vaksin COVID-19. PAN mengusulkan area-area publik, seperti mal, restoran, dan kafe, hanya boleh dikunjungi warga yang sudah disuntik vaksin COVID-19.

"Demi membatasi mobilitas warga di tengah lonjakan COVID-19, dan munculnya varian baru COVID-19 di Jakarta, Pemprov agar mengeluarkan kebijakan area-area seperti mal, restoran, kafe, dan tempat wisata bisa dikunjungi hanya oleh masyarakat yang sudah divaksin," kata Sekretaris Fraksi PAN DPRD DKI Jakarta Oman Rohman Rakinda dalam keterangan tertulis, Selasa (15/6/2021).

Oman mengatakan seharusnya vaksinasi menjadi syarat utama bagi warga yang ingin bepergian. Dia menilai kebijakan tersebut bisa menjadi cara agar warga mau divaksinasi.

"Kita berharap target 7,5 juta vaksinasi sampai bulan Agustus di DKI Jakarta bisa tercapai demi terciptanya herd immunity, sehingga, dengan otomatis, perlahan menurunkan angka penularan," kata Oman.

Dia menyebut Pemprov DKI memerlukan terobosan kebijakan. Terobosan kebijakan perlu dilakukan mengingat kasus Corona di DKI semakin melonjak.

"Perpanjangan PPKM Mikro bagus, tapi langkah-langkah pembaruan perlu untuk menyikapi kondisi kasus aktif COVID-19 di DKI Jakarta yang semakin hari terus melonjak," tutupnya.

Seperti diketahui, Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberikan target kepada Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan untuk melakukan vaksinasi ke 7,5 juta penduduk di Jakarta hingga akhir Agustus 2021. Anies mengaku akan berupaya merealisasikan target yang diberikan Jokowi.

Anies mengatakan saat ini sudah 2,89 juta warga DKI Jakarta yang mendapat dosis vaksin COVID-19. Anies menargetkan 3 juta warga DKI Jakarta sudah menerima vaksin di bulan Juni.

"Target di bulan Juni ini 3 juta. Sekarang tinggal 100 ribu lagi akan tercapai targetnya. Kita perlu menambah 4,5 juta lagi. Dengan penambahan ini tercapai angka 7,5 juta sehingga kita bisa berada dalam situasi insyaallah herd immunity," kata Anies kepada wartawan di Kantor Pusat PMI, Jalan Kramat Raya, Jakarta Pusat, Senin (14/6/2021).

(zak/zak)