detikcom Do Your Magic

Rambu Pembatas depan Halte Airin Cilincing Dipasang, Warga Merasa Aman

Annisa Rizky Fadhila - detikNews
Selasa, 15 Jun 2021 11:29 WIB
Pembatas Jalan di depan Halte Bus Airin di Jl Raya Cilincing telah dipasang rambu.
Foto: Annisa Rizky Fadhila/detikcom
Jakarta -

Rambu pembatas jalan di Jl Raya Cilincing, Jakarta Utara, tepatnya di depan Halte Bus Airin, telah terpasang. Warga sekitar lokasi menyebut kondisi tersebut lebih aman dibanding saat belum terpasang.

Rajim, salah satu warga sekitar yang berusia 64 tahun, menyebutkan, sejak adanya rambu peringatan, tidak ada kecelakaan yang terjadi. Dinas Bina Marga DKI Jakarta memasang rambu tersebut pada Sabtu (12/6/2021).

"Kalau sekarang, nggak ada lagi ya kecelakaan. Kalau sebelumnya kan sering gitu kecelakaan. Maksudnya motor nabrak itu jalanan, karena dulu plangnya belum tinggi kayak sekarang," ujar Rajim kepada detikcom di Jl Raya Clincing, Jakarta Utara, Selasa (15/6/2021).

Meski rambu peringatan baru terpasang tiga hari, Rajim menjelaskan lalu lintas di Jl Raya Cilincing terbilang aman. "Kalau dulu kadang-kadang ada orang yang suka kasih tumpukan ban buat nandain ada pembatas jalan. Biar kelihatan gitu penghalang jalannya. Tapi sekarang udah aman, rambu kelihatan," kata dia.

Senada, warga sekitar lainnya yang bernama Herman (61), menyambut baik adanya rambu peringatan. Sejak rambu peringatan terpasang, menurutnya, kawasan ini bebas dari kecelakaan sekaligus mengurangi kemacetan.

"Kalau sekarang udah nggak ada lagi kecelakaan. Udah nggak ada kecelakaan lah. Karena ada rambu, jalan macet berkurang juga," kata Herman.

Sebelum ada rambu peringatan, banyak pengendara sepeda motor yang mengalami kecelakaan. Kata Herman, pengendara sepeda motor hendak mendahului truk, namun terhalang oleh pembatas jalan.

"Kalau dulu kan sama sekali tidak terlihat tanda apa-apa. Makanya sering terjadi kecelakaan motor. Ya kalau sekarang udah aman lah, udah nggak ada lagi kecelakaan. Plang juga udah tinggi, kelihatan jelas," ujarnya.

Berdasarkan pantauan detikcom di lokasi, Selasa (15/6/2021), pukul 09.55 WIB, rambu peringatan berdiri kokoh dan tampak jelas. Adanya rambu peringatan turut memudahkan pengendara saat melintasi jalan ini.

Rambu peringatan terbuat dari kayu yang dicat warna kuning dan garis hitam. Di atas rambu tersebut, terdapat penunjuk arah kanan dan kiri. Kemudian, petunjuk itu diberi tanda dengan cat berwarna hijau. Warna rambu kuning dan hitam selaras dengan warna pembatas Jl Raya Cilincing.

(aik/aik)