45 Titik Panas Terpantau di Sumatera, Terbanyak di Riau

Raja Adil Siregar - detikNews
Selasa, 15 Jun 2021 11:17 WIB
Ilustrasi BMKG (Eva Safitri/detikcom)
Ilustrasi BMKG (Eva Safitri/detikcom)
Pekanbaru -

Sebanyak 45 titik panas atau hotspot diduga akibat kebakaran hutan dan lahan terpantau di Sumatera. Titik panas paling banyak berada di wilayah Riau dengan total 23 titik panas.

Berdasarkan data dari BMKG Pekanbaru, Selasa (15/6/2021), ke-45 titik panas di Sumatera itu tersebar di berbagai wilayah. Antara lain di Bangka Belitung, Lampung, Bengkulu, Sumatera Barat, Sumatera Utara, Sumatera Selatan, dan Riau.

"Titik panas update pukul 23.00 WIB yang diperbarui pukul 07.00 WIB hari ini untuk di Sumatera ada 45 titik," kata analis BMKG Pekanbaru, Yudhistira.

Dia mengatakan titik panas tersebar di Bengkulu 1 titik, Lampung 10 titik, Riau 23 titik, Sumatera Barat 3 titik, Sumatera Selatan 6 titik. Dia juga mengatakan ada 1 titik di Sumatera Utara dan Bangka Belitung 1 titik.

Titik panas terdeteksi melalui satelit Terra, NOAA20, dan Aqua sejak kemarin hingga dini hari tadi. Untuk level confidence yang terpantau, yakni rendah dan sedang, mulai 0-29 dan 30-79 persen.

"Khusus untuk di Riau, hotspot tersebar di tujuh kabupaten dan kota. Ketujuh daerah itu adalah Bengkalis 5 titik, Meranti 2 titik, Kampar 3 titik, Dumai 7 titik, Pelalawan 2 titik, Rokan Hilir 1 titik, dan Siak 1 ada titik," katanya.

Selain titik panas, sejumlah daerah di Riau berpotensi diguyur hujan ringan dan sedang. Namun intensitas hujan terjadi tak merata di semua daerah.

(ras/haf)