Oknum Kades di Sumsel Digerebek Selingkuh Bareng Stafnya Diberhentikan!

Prima Syahbana - detikNews
Senin, 14 Jun 2021 21:33 WIB
Ilustrasi Perselingkuhan
Foto: Ilustrasi Selingkuh (Denny Pratama)
Palembang -

Kasus oknum kepala desa MY di Musi Banyuasin, Sumatera Selatan yang didapati selingkuh dengan staf wanitanya KD berbuntut panjang. Dari hasil keputusan rapat, Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin (Muba), Sumatera Selatan menyatakan MY patut diberhentikan dari jabatannya.

Pejabat Inspektorat Muba, Heri Hermansyah mengatakan, berdasarkan keputusan rapat bersama, MY patut diberikan sanksi pemberhentian dari jabatannya. Dimana diketahui, perbuatan MY sudah mencoreng nama baik daerahnya, dalam hal ini Desa Talalang Mandung, Kecamatan Jirak Jaya, Kabupaten Muba.

"Dari hasil rapat bersama PMD, kita melihat bukti yang cukup, juga keterangan saksi dan juga hasil penyelidikan tim di lapangan semua memutuskan untuk memberikan sanksi pemberhentian," tegas Heri kepada detikcom, Senin (14/6/2021).

Heri mengatakan prosedur pemberhentian harus dijalankan berdasarkan prosedur melalui pengajuan dari BPD setempat. Rekomendasi itu, menurutnya nantinya berupa surat keputusan yang ditandatangani Bupati Muba.

"Memang hasil rapat bersama, ancaman saksi diputuskan MY harus diberhentikan. Akan tetapi, tetap harus menunggu keputusan yang sah dari Bapak Bupati melalui prosedur yang diajukan oleh Badan Permusyawaratan Desa (BPD)," katanya.

Sementara itu, dikonfirmasi terpisah, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa, Ricard Cahyadi juga membenarkan terkait agenda pemberhentian terhadap MY. Dia menyebut proses pemberhentian masih dalam tahap administrasi.

"Benar dari hasil penyelidikan dan keputusan rapat bersama semua memutuskan sanksi pemberhentian terhadap MY. Saat ini proses pemberhentian masih dalam proses administrasi dan nantinya akan diterbitkan berupa surat keputusan," kata Ricard.

Sementara, Camat Jirak Jaya, Yudi Suhendra menyebut pihaknya akan segera memberikan rekomendasi atas keputusan hasil rapat bersama tersebut.

"Kita secepatnya akan memberikan rekomendasi ke Pak Bupati melalui Dinas PMD terkait keputusan pemberhentian MY tersebut. Kita masih menunggu pengajuannya dari Badan Permusyawaratan Desa (BPD)," kata Yudi

Sebelumnya, Dugaan perselingkuhan oknum kades berinisial MY di Musi Banyuasin, Sumatera Selatan dengan staf wanitanya, KD, terbongkar usai digerebek warga tanpa busana kini sudah berdamai dengan suami KD secara kekeluargaan.

"Kejadian perselingkuhan antara Kades MY dan Staf urusan pemerintahannya, KD, yang terjadi di malam hari sekitar pukul 23.00 WIB itu terbongkar usai digerebek oleh warga. Saat ini, sudah diselesaikan secara kekeluargaan," kata Camat Jirak Jaya, Yudi Suhendra kepada detikcom, Rabu (9/6/2021).

MY digerebek oleh warga di rumah stafnya KD, di Musi Banyuasin. Kejadian itu terjadi saat suami KD tak berada di rumah. Ketika digerebek, MY didapati tak memakai busana.

Dihubungi terpisah, Kapolsek Sungai Keruh, Iptu Susilo membenarkan proses damai antara kades dan stafnya itu.

"Benar, mereka sudah berdamai dan menyelesaikan perihal ini secara kekeluargaan. Kita tidak bisa menindak perbuatan mereka secara hukum apabila tidak ada diantara kedua belah pihak yang melapor," ujar Susilo kepada detikcom.

(maa/maa)