PDIP Bicara Baliho Mbak Puan Bertebaran di Jawa Timur

Eva Safitri - detikNews
Senin, 14 Jun 2021 15:39 WIB
Utut Adianto (Rahel Narda Chaterine/deticom).
Utut Adianto (Foto: detikcom)
Jakarta -

PDIP angkat bicara terkait baliho Puan Maharani bertulisan 'Mbak Puan' yang terpasang di wilayah Jawa Timur. PDIP mengatakan baliho itu dipasang oleh kader karena Puan tengah melakukan konsolidasi di wilayah tersebut.

"Iya artinya kemarin itu saya juga baru tahu dari pemberitaan ada baliho terpasang masif di Kota Surabaya katanya, mungkin di beberapa titik. Saya rasa itu bagian dari kewajaran saja dan Mbak Puan saat ini kan sedang konsentrasi sebagai ketua DPR RI," kata Wasekjen PDIP Utut Adianto kepada wartawan di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (16/4/2024).

"Contoh, hari Sabtu kemarin beliau ke dapilnya, ke Solo, Sukoharjo, Klaten, Boyolali. Dipusatkan di Solo. Para kepala daerahnya datang. Dia mewujudkan komitmennya memperjuangkan dapil. Nah, kalau di Jawa Timur, tentu yang pasang simpatisan atau kader," lanjut Utut.

Utut tidak mengetahui apakah Puan, yang disebut mendapat dukungan masif dari kader, siap maju dalam Pilpres 2024. Utut mengatakan keputusan pilpres ada di tangan Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri.

"Kalau berniat, saya nggak bisa menduga kata hatinya. Tetapi, kalau yang saya tahu, di partai kami, ketika ditugaskan Ibu Ketua Umum, orang tidak dalam posisi menerima atau menolak, tetapi tinggal jalanin," ujarnya.

Utut menegaskan Megawati-lah yang memegang mandat penuh atas pencapresan.

"Sekali lagi, kenapa saya bilang episentrumnya di Ibu Ketua Umum, karena Ibu Ketua Umum diberi mandat penuh oleh kongres itu terakhir 11 Agustus 2019 di Bali. Hak prerogatif Ketua Umum apa saja, antara lain yang penting mencalonkan presiden-cawapres, menentukan pencalonan," ujarnya.

Simak video 'Survei SMRC: PDIP Tempati Urutan Teratas Jika Pemilu Digelar Hari Ini':

[Gambas:Video 20detik]



(eva/gbr)