Terpopuler Sepekan

Buka-bukaan Bambang Pacul dan Reaksi Ganjar Soal 'Teh Botol Puan'

Angling Adhitya Purbaya - detikNews
Minggu, 13 Jun 2021 21:28 WIB
Puan Maharani dan Ganjar Pranowo
Foto: Puan Maharani dan Ganjar Pranowo
Semarang -

Jargon iklan teh dalam kemasan tiba-tiba booming di dunia politik Indonesia pekan ini. Hal itu terjadi setelah beredar rekaman Ketua DPP PDIP Bidang Pemenangan Pemilu Bambang Wuryanto yang berbunyi 'siapapun capresnya, Puan Maharani wakilnya'.

Ungkapan itu menyitir jargon produk Teh Botol Sosro yang berbunyi 'apapun makanannya, minumnya Teh Botol Sosro'. Bambang kecewa karena sebenarnya hal itu merupakan off the record karena situasi saat itu ngobrol santai dengan sejumlah wartawan di Semarang, 22 Mei 2021 malam usai acara DPD PDIP Jateng yang dihadiri Puan Maharani. Acara tersebut menjadi polemik panjang karena secara resmi dan tegas tidak mengundang Ganjar Pranowo untuk hadir.

"Seperti halnya pada umumnya bincang-bincang informal dengan sesama teman maka tentu banyak spontanitas, yang karenanya sangat tidak layak untuk dikonsumsi publik. Jadi saat disebar-luaskan maka bisa menjadi penuh bias dan distorsi pemahaman," ujar Bambang Pacul kepada detikcom, Selasa (8/6) malam.

Menurutnya rekaman berdurasi 3 menit 46 detik yang diedarkan hanyalah potongan-potongan obrolan, bukan rekaman secara lengkap dari awal sampai akhir diskusi. Kekecewaan Bambang juga dirasakan karena merasa telah mengenal baik wartawan dan beberapa kolega di dalam forum itu.

"Bisa jadi karena si perekam terlambat ikut (gabung dalam obrolan) atau terlambat memencet tombol record-nya," ujar pria yang akrab disapa Bambang Pacul itu.

"Sebagai pribadi tentu saya kecewa dengan tersebarnya percakapan ini, yang sejak awal sudah saya nyatakan bahwa apa yang saya akan nyatakan dalam pertemuan tersebut merupakan latar belakang tentang apa yang saya nyatakan secara resmi di depan publik. Cerita latar belakang yang saya sampaikan kepada teman-teman wartawan yang semuanya saya kenal baik, bersama beberapa kolega yang saya percaya, dan saya nyatakan off the record tersebut, ternyata disebarluaskan," lanjutnya.

Sementara itu Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, yang sebelumnya terlibat polemik soal Pilpres di partainya, PDIP, lebih memilih enggan menanggapi soal ramai "Teh Botol Puan" Itu.

"Kalau terkait Teh Botol Sosro, silahkan minum di depan (ruang tamu)," kata Ganjar singkat di rumah dinasnya, Selasa (8/6) malam.

Ganjar memang lebih memilih irit bicara ketika ditanya soal isu Pilpres 2024 meski dalam berbagai survei namanya berada di urutan atas untuk elektabilitas. Ia mengaku lebih memilih mengurus penanganan COVID-19 di Jawa Tengah yang melonjak di beberapa daerah.

(alg/sip)