Round-Up

Ke Mana Jokowi Bawa Kapal Besar Relawan Berlabuh?

Tim detikcom - detikNews
Senin, 14 Jun 2021 07:30 WIB
Presiden Jokowi
Jokowi (Biro Pers Sekretariat Presiden)

Analisis pendiri lembaga survei KedaiKOPI, Hendri Satrio, ada dua kandidat pelabuhan baru kapal besar Relawan Jokowi, yakni Prabowo Subianto atau Anies Baswedan.

Hendri menilai pernyataan Jokowi itu memperterang maksud dan tujuan mengapa Relawan Jokowi sampai saat ini belum dibubarkan. Dia melihat Jokowi ingin relawannya meneruskan pembangunan yang telah dilakukan selama dua periode menjadi presiden.

"Waktu itu kan sempat ada omongan 'capres Istana' dan 'bukan capres Istana'. Nah ini sinyal keduanya Pak Jokowi ini. Jadi nanti dia akan me-list siapa calon presiden yang akan dipercaya sama dia untuk meneruskan pembangunannya dia lah. Nah, suara relawan itu akan didorong ke sana, akan diminta Pak Jokowi untuk memenangkan si calon ini," sebut Hendri.

Hendri menilai pelabuhan selanjutnya kapal besar Relawan Jokowi adalah tokoh yang sampai saat ini memiliki elektabilitas tinggi. Dia melihat Prabowo dan Anies memenuhi syarat tersebut.

"Jadi, menurut prediksi saya, minimal di antara dua orang yang terus masuk atau memiliki elektabilitas tertinggi sampai saat ini. Jadi kalau tebakan saya antara Prabowo dan Anies Baswedan," terangnya


(gbr/rfs)