5 Pemalsu Tiket Pelabuhan Merak Sekuriti hingga Kepil

M Iqbal - detikNews
Senin, 14 Jun 2021 01:39 WIB
Foto udara kendaraan pemudik tujuan Sumatera antre memasuki kapal Roro di Pelabuhan Merak, Banten, Rabu (5/5/2019) dini hari. dinihari. Jelang larangan mudik pada 6 Mei 2021, Pelabuhan Merak mengoperasikan 29 kapal roro untuk melayani penyeberangan penumpang menuju Pelabuhan Bakauheni. ANTARA FOTO/Galih Pradipta/foc.
Foto: Ilustrasi (ANTARA FOTO/GALIH PRADIPTA)
Cilegon -

Polisi menangkap 5 pemalsu tiket Pelabuhan Merak, Banten. Mereka berprofesi sebagai sekuriti hingga petugas tambat kapal atau kepil.

Kelima pelaku punya peran masing-masing dalam menjual tiket palsu. Ada yang bertugas menanyakan kepemilikan tiket, ada pula yang mengantarkan kendaraan hingga masuk ke kapal.

"Tugasnya memberhentikan ditanya udah punya tiket apa belum, udah gitu langsung sekuriti membantu, udah mobilnya masuk dikawal sama sekuriti," kata Kapolsek Kawasan Pelabuhan Merak, AKP Deden Komarudin saat dikonfirmasi, Minggu (13/6/2021).

Deden mengatakan tidak ada petugas ASDP yang ditangkap. Sekuriti yang bekerja di dermaga eksekutif Pelabuhan Merak merupakan pihak ketiga yang dipekerjakan di pelabuhan.

"Belum, petugas ASDP belum, baru sekuriti, terus kepil juga, belum ada orang ASDP, makanya pemeriksaan itu hasilnya belum tahu nyangkut nggak sama orang ASDP," kata dia.

Polsek Kawasan Pelabuhan Merak hanya menangkap para pelaku. Proses penyelidikan diserahkan ke Satreskrim Polres Cilegon lantaran Polsek Kawasan Pelabuhan Merak tidak berwenang melakukan penyidikan sesuai instruksi kapolri.

"Sesuai instruksi kapolri kita sudah tidak ada kewenangan penyidikan, kita hanya nangkap saja, pemeriksaan lanjutan ada di polres," kata dia.

(rfs/rfs)