Antara Pertemuan Anies-RK dan Ganjar-Sandiaga

Tim detikcom - detikNews
Minggu, 13 Jun 2021 12:00 WIB
Anies dan RK saat sarapan bersama (Foto: Istimewa)
Anies dan RK saat sarapan bersama (Istimewa)
Jakarta -

Meski Pilpres 2024 masih tiga tahun lagi, konfigurasi capres-cawapres sudah mengemuka di masyarakat. Sejumlah nama yang sering masuk daftar kandidat capres juga dinilai sudah melakukan manuver-manuver.

Teranyar, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (RK). Lainnya, ada Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Sandiaga Uno.

Dimulai dari Anies dan RK. Kedua kepala daerah itu membuat publik kaget dengan melakukan pertemuan pada Jumat (11/6/2021). Pantas saja publik kaget, sebab pertemuan keduanya digelar di tengah dinamika politik Pilpres 2024.

'Ada udang di balik batu'. Begitulah analisis Direktur Eksekutif Parameter Politik Indonesia, Adi Prayitno terkait pertemuan Anies dan RK tersebut.

"Tentu saja itu kode keras agar dilirik partai politik. Selain terus berusaha menciptakan momen politik, tentu saja Anies-RK sedang kerja keras untuk dapat dukungan parpol. Salah satu dengan terus menjaga popularitas dan elektabilitasnya tetap kuat. Tanpa itu semua daya tawar Anies-RK bakal lemah," kata Adi kepada wartawan, Jumat (11/6).

Pertemuan Anies dan RK digelar di Sumedang, Jawa Barat. Anies dan RK sarapan bersama dengan menu tahu Sumedang di Restoran Palasari. Keduanya terlihat mengobrol akrab ditemani Teh Botol, yang lagi viral akhir-akhir ini karena dikaitkan dengan copras-capres Teh Botol.

"Gampang-gampang rumit duet Anies-RK. Pertama, duet Anies-RK mudah terjadi. Kedua punya bekal elektabilitas relatif signifikan yang selalu muncul dalam radar survei. Itu artinya, secara matematika politik keduanya bisa duet pilpres 2024. Jadi, kalau mencari capres yang sudah populer dan banyak peminatnya duet ini boleh dicoba di pilpres," papar Adi.

"Kedua, agak susah karena keduanya tak punya partai memenuhi ambang batas pencapresan 20 persen. Ini tak mudah karena setara dengan koalisi 3 parpol menengah harganya. Apalagi nyaris semua parpol akan usung ketum mereka untuk maju. Susahnya di sini bagi duet Anies-RK," lanjutnya.

Baca pertemuan Ganjar dan Sandiaga di halaman berikutnya.

Simak video 'Menakar Pertemuan 'Teh Botol' Anies-RK Menuju Pilpres 2024':

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2