Polisi Tangkap Pencuri dan Pungli di Pintu Tol Bandar Selamat Medan

Datuk Haris Molana - detikNews
Minggu, 13 Jun 2021 10:36 WIB
ilustrasi kejahatan kriminal perampokan pembunuhan pemerkosaan pencopetan
Foto: Andi Saputra/detikcom
Medan -

Polisi menangkap beberapa orang dalam kasus pencurian, dan pungutan liar (pungli) di pintu Tol Bandar Selamat, Medan, Sumatera Utara (Sumut). Tindakan kriminal tersebut ramai diperbincangkan masyarakat di media sosial.

"Polsek Percut Sei Tuan bekerjasama dengan tim Opsnal Subdit III Jahtanras Ditkrimum Poldasu berhasil mengamankan beberapa orang pelaku penjambretan dan pungli di pintu keluar masuk Tol Bandar Selamat yang juga sempat viral di medsos," kata Kapolrestabes Medan Kombes Riko Sunarko kepada wartawan, Minggu (13/6/2021).

Pelaku pencurian yang ditangkap yakni Syairul Amri alias Ipul (31) dan M. Lukmana alias Imam (25). Mereka ditangkap di lokasi terpisah di Kecamatan Medan Tembung.

Petugas awalnya menangkap Ipul yang sedang berada di rumah orang tuanya di Jalan Amal, Bandar Selamat.

"Hasil interogasi terhadap pelaku, dia melakukan pencurian atau perampasan HP sesuai rekaman CCTV yang viral di medsos bersama rekannya Martua alias Tuek (yang masih penyelidikan)," sebut Riko.

Kemudian, petugas menangkap M. Lukmana alias Imam di Jalan Pertiwi, Kelurahan Bantan, Medan Tembung. Pelaku terpaksa ditembak di kedua kakinya karena melawan petugas saat pengembangan terhadap pelaku lain.

"Hasil interogasi mengakui bahwa ianya yang berada di rekaman CCTV viral TKP ke 2. Rekan pelaku melakukan pencurian atas nama Kanon (masih proses penyelidikan)," ujar Riko.

Polisi mengembangkan kasus untuk menangkap penada. Ditangkaplah MAS (22) dan MRP (22) yang diduga menjadi penadah hasil curian.

"Dari hasil interogasi, MAS membeli HP dari pelaku Syaiful Amri alias Ipul seharga Rp 1 juta. Lalu, MRP menerangkan bahwa dia membeli HP dari MAS seharga Rp 1,55 juta," ujar Riko.

Akibat perbuatannya, Syaiful dan Lukmana dijerat dengan Pasal 365 subs 363 KUHP sementara MAS dan MRP dijerat dengan Pasal 480 KUHP.

Selain itu, petugas menangkap 6 pelaku pungli yang beraksi di pintu keluar-masuk Tol Bandar Selamat, Medan Tembung. Keenam pelaku tersebut adalah FIB, MSP, YMH, AI, EP, dan AS.

Simak juga 'Detik-detik Penangkapan Sejumlah Pelaku Pungli di Tanjung Priok':

[Gambas:Video 20detik]

(aik/aik)