Round-Up

Puji Jokowi untuk Megawati

Tim detikcom - detikNews
Sabtu, 12 Jun 2021 08:00 WIB
Presiden Jokowi
Presiden Jokowi (Foto: dok. Biro Pers Setpres)

Jokowi menyebut, saat Megawati memimpin RI, lahir sejumlah UU, seperti UU KPK hingga UU Antiterorisme.

"Sebagai Wakil Presiden ke-8 RI dan Presiden ke-5 RI, terlalu banyak kebijakan yang bisa ditunjukkan untuk menggambarkan kepemimpinan strategis beliau. Mulai dari ekonomi kerakyatan, lahirnya UU sistem jaminan sosial nasional, lahirnya Perppu dan Undang-Undang antiterorisme, lahirnya Undang-Undang KPK, dan masih banyak lagi," kata Jokowi.

Kebijakan yang telah diambil Megawati, kata Jokowi, telah menunjukkan kepemimpinan yang strategis. Kepemimpinan itu, jelas Jokowi, adalah untuk memperjuangkan kepentingan rakyat.

"Semua itu menunjukkan kepemimpinan strategis beliau dalam membela kepentingan rakyat dalam memperjuangkan demokrasi dan antikorupsi dan memperjuangkan kepentingan-kepentingan nasional lainnya," kata dia.

Jokowi mengatakan karakter kepemimpinan Megawati sangat dibutuhkan oleh setiap pemimpin, terutama dalam menghadapi tantangan global.

"Karakter kepemimpinan seperti ini sangat dibutuhkan oleh setiap pemimpin apalagi ketika bangsa dan negara menghadapi tantangan dan hambatan yang berat, termasuk ketika negara menghadapi hiperkompetensi global dan pandemi seperti sekarang ini," ucap Jokowi.

Selain itu, Jokowi mengatakan ketangguhan negara selalu diuji dari waktu ke waktu, sehingga perlu adanya kewaspadaan dalam menghadapi tantangan itu.

"Ketangguhan kita sebagai negara besar akan selalu diuji dari waktu ke waktu. Kita harus selalu siaga dan sigap dalam menghadapi segala tantangan, kita harus belajar dari para pemimpin terdahulu termasuk Ibu Megawati Soekarnoputri agar mampu melawati semua ujian dan rintangan dengan sangat baik," tuturnya.

Jokowi kemudian menyampaikan harapan kepada Megawati atas gelar yang telah dia terima. Jokowi berharap Megawati terus memberikan bimbingan kepada generasi muda.

"Sebagai guru besar, saya berharap, Ibu Megawati Soekarnoputri terus memberikan bimbingan dan memandu generasi muda untuk tidak berhenti belajar, meneguhkan jalan pengabdian bagi kemajuan tanah air yang kita cintai bersama," jelasnya.


(knv/lir)