Gerindra Jawab Spekulasi Politik Gelar Profesor Megawati

Mochamad Zhacky - detikNews
Jumat, 11 Jun 2021 20:27 WIB
Megawati Soekarnoputri
Megawati Soekarnoputri (Foto: Dok. Unhan)
Jakarta -

Spekulasi berembus bahwa gelar profesor kehormatan dari Universitas Pertahanan (Unhan) RI untuk Megawati Soekarnoputri merupakan bagian dari lobi agar Ketum PDIP itu mendukung Prabowo Subianto di 2024. Gerindra menjawab spekulasi yang menyasar ketua umum mereka itu.

"Jangan semua dikaitkan dengan politik dong. Selain itu, kita hormati otonomi kampus," kata Waketum Gerindra Habiburokhman kepada wartawan, Jumat (11/6/2021).

Habiburokhman menegaskan Prabowo tak pernah mencampuri kebijakan akademis Unhan.

"Pak Prabowo sebagai Menhan dan Menhan-menhan sebelumnya tidak pernah dan tidak bisa mencampuri kebijakan akademis Unhan," tegasnya.

Habiburokhman menilai pemikiran Megawati di bidang strategi pertahanan setara dengan guru besar. Anggota Komisi III DPR RI itu mengingatkan bahwa Megawati berhasil menyelesaikan persoalan pertahanan Indonesia saat menjabat sebagai presiden RI.

"Di sisi lain, saya sependapat bahwa pola pikir Ibu Megawati di bidang strategi pertahanan selevel dengan guru besar," terang Habiburokhman.

"Era kepemimpinan beliau banyak masalah terkait pertahanan berhasil diselesaikan dengan baik, seperti kasus Ambon, Poso, dan lain-lain," imbuhnya.

Sebelumnya, Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri telah resmi menyandang gelar profesor kehormatan (guru besar tak tetap) Unhan RI. Seperti diketahui, Unhan merupakan kampus binaan Kemenhan, yang saat ini berada di bawah kendali Prabowo Subianto.

Pengukuhan gelar Profesor Kehormatan (guru besar tak tetap) Ilmu Pertahanan Bidang Kepemimpinan Strategik pada Fakultas Strategi untuk Megawati akan dilakukan dalam sidang senat terbuka siang ini. Salah satu alasan pemberian gelar ini adalah Megawati dianggap memiliki dan menguasai tacit knowledge tentang ilmu pertahanan, khususnya bidang kepemimpinan strategis.

Para guru besar disebut menilai kualitas itu sudah diaplikasikan dalam berbagai peran publik, yakni saat Megawati menjabat tiga periode anggota DPR pada 1984-1999. Lalu saat menjabat wakil presiden dari 1999 hingga 2001 dan saat menjadi presiden dari 2001 hingga 2004.

Simak Video: Momen Megawati Resmi Bergelar Profesor Kehormatan dari Unhan

[Gambas:Video 20detik]



(zak/knv)