Salat Subuh Bersama Anies, RK: Lelaki Soleh Subuhnya di Masjid

Yudistira Imandiar - detikNews
Jumat, 11 Jun 2021 16:49 WIB
Gubernur Jabar Ridwan Kamil
Foto: Pemprov Jabar
Jakarta -

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (RK) melakoni kegiatan Subuh Keliling di Masjid Agung Sumedang, Jawa Barat. Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan juga ikut Salat Subuh berjamaah pada kesempatan tersebut.

Ridwan Kamil menjelaskan program Subuh Keliling yang kembali dijalankan Pemprov Jabar sebagai teladan bagi umat muslim lainnya. Salat berjamaah, kata dia, merupakan bentuk kepatuhan umat muslim untuk mendekatkan diri terhadap sang pencipta. Ia menekankan, umat muslim laki-laki dianjurkan untuk Salat Subuh di masjid.

"Itulah kenapa sebelum COVID-19 gerakan subuh berjamaah terus dijalankan, karena lelaki soleh itu subuhnya di masjid. Kalau di rumah namanya lelaki solehah,"cetus Kang Emil dikutip dalam keterangan tertulis, Jumat (11/6/2021).

Kang Emil menambahkan mengatakan seorang pemimpin harus menjadi contoh bagi masyarakat. Pemimpin dikatakannya harus membawa manfaat bagi orang lain.

"Syariat kepemimpinan adalah bisa memberikan kebermanfaatan bagi masyarakat," ungkap Kang Emil.

Adapun pertemuan antara Ridwan Kamil dan Anies Baswedan terjadi lantaran RK menjadi saksi penandatanganan kerja sama antara Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sumedang dalam hal pertanian dan pemenuhan pangan.

"Saya mengapresiasi hubungan ekonomi ini yang akan dilaksanakan antara Pemkab Sumedang dan Pemprov DKI Jakarta. Kami ingin antardaerah ini terus berkoordinasi demi kesejahteraan warga," kata gubernur yang akrab disapa Kang Emil.

(ega/ega)