detikcom Do Your Magic

Bina Marga DKI Pastikan Bakal Perbaiki Jembatan Bambu Reyot Kebon Jeruk

Arief Ikhsanudin - detikNews
Jumat, 11 Jun 2021 13:47 WIB
Maraknya pembangunan infrastruktur terus digenjot pemerintah. Namun, di tengah hiruk pikuk ibu kota masih ada loh jembatan kayu.
Jembatan bambu reyot di Kebon Jeruk, Jakarta Barat (Grandyos Zafna/detikcom).
Jakarta -

Dinas Bina Marga DKI Jakarta telah mengecek jembatan bambu reyot di Kebon Jeruk, Jakarta Barat (Jakbar). Pihak Bina Marga menyebut akan memperbaiki jembatan tersebut.

"Ya, akan diperbaiki," ucap Kepala Dinas Bina Marga DKI Jakarta, Hari Nugroho, saat dihubungi, Kamis (11/6/2021).

Menurut Hari, pihaknya akan segera turun ke lapangan untuk memperbaiki jembatan tersebut. "Minggu depan rencana," ucapnya.

Sementara itu, menurut Camat Kebon Jeruk, Sauman, proses perbaikan jembatan sudah mulai dikerjakan. "Hari ini mulai dikerjakan. Ini rencana gambarnya," kata Sauman memperlihatkan gambar rencana pembangunan jembatan yang lebih kuat dari bambu.

Dari gambar tersebut, rencanya lantai jembatan terbuat dari beton setebal 10 cm, dan besi towel sebagai rangkanya.

Diketahui, Jembatan reyot ini ada di kawasan Kelurahan Kebon Jeruk, Jakarta Barat, tepatnya di RT 016 RW 04, Kampung Rawa, Sangtimur, Kebon Jeruk. Jembatan ini menghubungkan Kampung Rawa Barat dengan Kampung Rawa Timur.

Pantauan detikcom Do Your Magic di lokasi, Selasa (8/6/2021), jembatan ini memiliki panjang sekitar 15 meter dan lebar 1,5 meter. Jembatan ini terbuat dari bambu dan diikat menggunakan kawat besi. Balok kayu jadi fondasi supaya lebih kokoh.

Di sisi jembatan terdapat rumah-rumah penduduk sehingga sering digunakan untuk berjalan melintasi Kali Sekretaris atau warga setempat juga sering menyebutnya sebagai 'Kali Kampung Rawa'.

(aik/dnu)