ADVERTISEMENT

Tantangan Tim SAR 3 Hari Cari Eva di Gunung Abbo: Terjal-Berbatu Runcing

Hermawan Mappiwali - detikNews
Jumat, 11 Jun 2021 12:24 WIB
Tim SAR saat menemukan pendaki wanita Eva (24) yang hilang di Gunung Abbo.
Medan berbatu cadas yang dilalui tim SAR saat mencari pendaki wanita Eva 24 yang hilang di Gunung Abbo (dok. Basarnas Makassar).
Maros -

Bukan perkara mudah bagi tim SAR gabungan mencari seorang pendaki wanita Eva (24) yang hilang di Gunung Abbo, Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan (Sulsel). Selama tiga hari tim SAR ditantang medan terjal dan berbatu runcing di Gunung Abbo.

"Tantangannya itu gunung bebatuan, terus batu-batu cadas, sehingga itu menyulitkan teman-teman melakukan pencarian dan pertolongan," kata Dadang saat berbincang dengan detikcom, Jumat (11/6/2021).

Sebagai gambaran lokasi, Dadang menyebut jarak antara titik hilangnya Eva dan tempat ia ditemukan ternyata hanya sejauh 300 meter.

"Jarak antara titik hilangnya si Eva ini dan titik ditemukan si Eva ini kurang-lebih 300 meter. Jarak dengan camp-nya si Eva dengan titik buang air kecilnya ini kurang-lebih 150 meter," katanya.

Meski jarak yang terbilang dekat, upaya pencarian tak mudah. Medan yang tak rata dan banyaknya jurang membuat pencarian menjadi sulit.

"Cadas itu batu yang runcing dan tajam. Terus tambahan banyaknya tebing di sekitar pencarian di Desa Abbo itu. Medan juga tidak rata karena kita lihat dari peta itu banyak konturnya, jadi banyak perbukitan baru rapat, makanya curam," kata Dadang.

Lanjut Dadang, bebatuan di jurang rata-rata berukuran besar. Namun hal tersebut tetap berbahaya karena bebatuan besar sangat mudah goyang apabila dipijak.

"Jadi setiap diinjak atau dipegang, bebatuan di jurang itu mudah goyang sehingga teman-teman SAR harus waspada betul," katanya.

Simak selengkapnya di halaman selanjutnya.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT