Deretan Gelar Akademis Kehormatan Megawati yang Hari Ini Jadi Profesor

Rakhmad Hidayatulloh Permana - detikNews
Jumat, 11 Jun 2021 10:13 WIB
Megawati Soekarnoputri mendapat gelar doktor kehormatan (honoris causa) dari Fujian Normal University (FNU), Fuzhou, China
Megawati Soekarnoputri mendapat gelar doktor kehormatan (honoris causa) dari Fujian Normal University (FNU), Fuzhou, China. (Foto: dok. PDIP)
Jakarta -

Megawati Soekarnoputri akan mendapatkan gelar profesor kehormatan (guru besar tidak tetap) hari ini dari Universitas Pertahanan RI. Selain gelar ini, Megawati pernah mendapatkan deretan gelar doktor kehormatan (honoris causa).

Sebagaimana diketahui, Universitas Pertahanan RI (Unhan RI) pada hari ini, Jumat (11/6/2021), dijadwalkan akan menggelar sidang senat terbuka. Sidang ini digelar dalam rangka Pengukuhan Gelar Profesor Kehormatan (Guru Besar Tidak Tetap) Ilmu Pertahanan Bidang Kepemimpinan Strategik pada Fakultas Strategi untuk Presiden Kelima RI Megawati Soekarnoputri.

Salah satu alasan pemberian gelar ini adalah Megawati dianggap memiliki dan menguasai tacit knowledge tentang ilmu pertahanan, khususnya bidang kepemimpinan strategis. Para guru besar disebut menilai kualitas itu sudah diaplikasikan dalam berbagai peran publik, yakni saat Megawati menjabat tiga periode anggota DPR pada 1984-1999. Lalu saat menjabat wakil presiden dari 1999 hingga 2001 dan saat menjadi presiden dari 2001 hingga 2004.

"Plus saat menjadi Ketua Umum PDI Perjuangan sejak 1999 hingga saat ini. Tacit knowledge ini bila diajarkan dan dibukukan bisa menjadi explicit or empirical knowledge, yang sangat berguna bagi peradaban manusia. Begitu pemikiran para guru besar," kata Ketua DPP PDIP Rokhmin Dahuri, yang juga guru besar IPB, dalam keterangan tertulis, Kamis (10/6/2021).

Gelar profesor kehormatan untuk Megawati hanya satu dari deretan gelar yang pernah diterimanya. Berikut ini deretan gelar doktor honoris causa yang pernah diterima Megawati:

Gelar Megawati Soekarnoputri

1. Dr Hc dari Waseda Tokyo

Mega menerima gelar doktor honoris causa dari Universitas Waseda Tokyo di Jepang pada 2001.

2. Dr Hc dari Moscow State Institute of International Relation

Mega juga pernah mendapat gelar doktor honoris causa dari Moscow State Institute of International Relation di Rusia pada 2003.

3. Dr Hc dari Korea Maritime and Ocean University

Mega pun pernah mendapat gelar doktor honoris causa dari Korea Maritime and Ocean University di Korea Selatan pada 2015.

Simak juga video 'Momen Akrab Megawati-Prabowo di Peresmian Patung Bung Karno':

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2