Laporan dari Tokyo

Usai Raih Doktor HC, Megawati Pidato soal Pancasila Falsafah Kemanusiaan

Indra Komara - detikNews
Rabu, 08 Jan 2020 13:32 WIB
Foto: Megawati Soekarnoputri (Indra Komara-detikcom)
Tokyo - Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri bicara soal Pancasila sebagai falsafah kemanusiaan. Dia menyebut nilai-nilai Pancasila bisa digunakan secara universal untuk mewujudkan perdamaian dunia.

Hal itu disampaikan seusai menerima gelar doktor honoris causa bidang kemanusiaan dari Universitas Soka, Tokyo, Jepang. Setelah upacara penganugerahan selesai, Megawati berpidato di hadapan para mahasiswa Universitas Soka. Putri Presiden RI pertama Sukarno ini menyebut nilai kemanusiaan tidak pernah usang.

"Pancasila adalah falsafah kemanusiaan. Kemanusiaan adalah nilai yang tidak pernah usang. Kemanusiaan sejatinya selalu melekat pada diri setiap manusia. Manusia yang benar-benar manusia adalah manusia yang berperikemanusiaan," kata Megawati dalam pidato ilmiahnya di Universitas Soka, Tokyo, Jepang, Rabu (8/1/2020).



Megawati mengatakan kemanusiaan menjadi syarat mutlak perdamaian dunia. Hal itu sejalan dengan gagasan pidato Bapak Bangsa Indonesia di Sidang Umum PBB 30 September 1960 yang berjudul 'To Build The World Anew'.

Megawati kemudian menuturkan soal pidato Bung Karno yakni membangun dunia yang bebas dari penindasan, kemiskinan, bebas dari rasa takut, bebas secara konstruktif untuk menggerakkan aktivitas sosial dan bebas mengeluarkan pendapat.

"Ketuhanan yang Maha Esa, meliputi manusia yang memeluk berbagai agama dan keyakinan, yang berke-Tuhanan dengan cara beradab, saling menghormati antara pemeluk agama dan kepercayaan mana pun," ucapnya.
Selanjutnya
Halaman
1 2