ADVERTISEMENT

Round-Up

Cerita Mistis Eva Hilang di Gunung Abbo hingga Tiba-tiba Ada di Gua

Tim detikcom - detikNews
Kamis, 10 Jun 2021 21:32 WIB
Tim SAR saat menemukan pendaki wanita Eva (24) yang hilang di Gunung Abbo.
Tim SAR saat menemukan pendaki wanita Eva (24) yang hilang di Gunung Abbo. (Dok. Basarnas Makassar)

Tiba-tiba Berpindah Tempat Tidur

Gunung Abbo tempat Eva hilang memang dikenal memiliki kisah mistis yang kuat. Komandan Tim Basarnas Makassar Dadang Tarkas juga menceritakan cerita mistis yang dialami Eva selama tiga hari hilang seorang diri.

Eva, lanjut Dadang, mengaku merasa selalu ada yang memindahkannya dari tempat satu ke tempat lainnya saat tidur. Dadang mengatakan peristiwa itu dialami Eva selama beberapa malam saat hilang di Gunung Abbo.

"Eva bilang, 'Saya itu pada saat tidur posisiku (selalu bergeser), pada saat saya bangun sudah pindah ke tempat lain'. Jadi saat bangun bukan lagi di posisi pada saat dia mau tidur," kata Dadang kepada detikcom, Kamis (10/6/2021).

"Contoh dia tidur di satu batu, pada saat dia sadar atau dia bangun posisinya bukan di batu itu yang ditempati tidur, berpindah ke batu yang lain. Ada juga dia tidur di atas kayu, tahu-tahu dia bangun sudah ada di atas batu," ujar Dadang.


Ritual Sebelum Eva Ditemukan

Beberapa jam sebelum Eva ditemukan, keluarganya sempat membuat ritual khusus dari kaki gunung hingga ke titik korban pertama kali hilang. Ritual itu dilakukan didasari oleh kepercayaan masyarakat setempat bahwa sungai dangkal tempat korban hilang adalah tempat yang mistis.

Percaya tak percaya, selang beberapa jam usai ritual, jaket milik Eva ditemukan Tim SAR gabungan. Jaket Eva ditemukan sejauh 2 kilometer dari tempatnya hilang.

Pada akhirnya, penemuan jaket korban itu menjadi petunjuk penting lokasi korban. SAR gabungan kemudian fokus menyisir sekitar lokasi ditemukannya jaket korban. Hingga akhirnya Eva ditemukan 5 meter dari lokasi jaket itu.

"Jadi teman-teman SAR gabungan itu berteriak panggil namanya, sebut namanya, ternyata si Eva dengar, akhirnya Eva juga berteriak dan teman-teman dengar juga teriakan Eva," kata Dadang.

"Jadi teman-teman juga lari ke sumber suara. Ditemukan dalam kondisi selamat , sehat, cuma ada beberapa luka di bagian kepala, memar di lengan, terus di siku, di lutut dan di jempol kakinya ada (luka)," imbuhnya.



Simak Video "Hilang Misterius di Gunung Abbo, Wanita Pendaki Ditemukan Selamat!"
[Gambas:Video 20detik]

(mae/dwia)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT