detikcom Do Your Magic

Warga Mengeluh, Gangguan Air PAM di Cakung Barat Terjadi Sejak Senin

Rakha Arlyanto Darmawan - detikNews
Kamis, 10 Jun 2021 18:34 WIB
Warga Cakung Barat yang terdampak gangguan air PAM menyambung selang ke pipa yang tidak bermasalah.
Warga Cakung Barat yang terdampak gangguan air PAM menyambung selang. (Rakha Arlyanto Darmawan/detikcom)
Jakarta -

Sejumlah warga di Cakung Barat, Jakarta Timur (Jaktim), mengeluh karena saluran air bersih perusahaan air minum (PAM) tak mengalir. Gangguan disebut dimulai sejak proyek saluran air dimulai.

Salah seorang warga di Jl Tipar Cakung, Jaktim RT 3 RW 5 bernama Nia (29) mengaku air PAM sudah tidak mengalir sejak Senin (7/6) lalu. Dia terpaksa menggunakan selang terpisah yang disambungkan dengan aliran air PAM di lokasi lain.

"Udah sejak hari Senin kemarinlah, sejak proyek itu aja. Saya minta tolong sama pihak PAM pakai selang. Karena kan kita bingung dapat air dari mana. Dari depan kan putus, mau gimana," kata Nia saat ditemui detikcom Do Your Magic di kediamannya, Kamis (10/6/2021).

Saat ini, Nia harus menampung air yang dialiri lewat selang itu menggunakan ember untuk kebutuhan sehari-hari.

"Ya ini selangnya kita gantung kan kita ikat supaya nggak ngucur terus. Ditampung pakai ember. Buat sehari-hari aja mandi, masak," cerita Nia.

Nia, warga Cakung Barat yang terdampak gangguan air PAM.Nia, warga Cakung Barat yang terdampak gangguan air PAM. (Rakha Arlyanto Darmawan/detikcom)

Warga lainnya, Samin (70), mengalami hal serupa. Samin memiliki kontrakan. Hingga hari ini, saluran air PAM masih bermasalah dan belum bisa mengalir.

"Rumah saya nggak kena. Itu kontrakan saya milik saya di situ kena. Sejak hari Senin. Kita juga sudah komplain ke pihak proyek tadi, ada kontraktornya di situ. Katanya besok pihak PAM akan datang buat benerin," ujar Samin.

Samin mengungkapkan pipa saluran PAM yang mengalir ke rumah kontrakan miliknya terputus akibat galian proyek.

"Itu putus. Katanya kita diminta disuruh ganti pipa, tapi saya tunggu besok penanganannya dari PAM saja," ungkapnya.

Samin, warga Cakung Barat yang terdampak gangguan air PAM.Samin, warga Cakung Barat yang terdampak gangguan air PAM. (Rakha Arlyanto Darmawan/detikcom)

Warga lain, Paklan (50), yang rumahnya di sekitar proyek saluran air, juga sempat merasakan permasalahan air PAM yang tidak mengalir. Namun, permasalahan tersebut tidak berlangsung lama. Pihak PAM langsung datang ke lokasi saat terjadi putusnya saluran air PAM.

"Itu nggak lamalah, paling cuma 2 jam. Petugas dari PAM juga ada di lokasi waktu itu, jadi ketika saluran putus mereka langsung perbaiki," cerita Paklan.

Saat ini saluran air PAM di rumah Paklan sudah dapat mengalir dengan normal.

"Sekarang udah normal lagi, itu kira-kira pas Senin. Jadi PAM nunggu dulu galian selesai siang waktu itu, begitu tahu ada yang putus mereka langsung sambungin, perbaiki," ujarnya.

Paklan, warga Cakung Barat yang sempat terdampak gangguan air PAM.Paklan, warga Cakung Barat yang sempat terdampak gangguan air PAM. (Rakha Arlyanto Darmawan/detikcom)

Selanjutnya
Halaman
1 2