Viral Kerumunan Usai Jokowi Cek Vaksinasi di Tanjung Priok, Ini Kata Polisi

Yogi Ernes - detikNews
Kamis, 10 Jun 2021 16:02 WIB
Presiden Jokowi-Menkes Budi Gunadi saat meninjau vaksinasi di Tanjung Priok
Foto: Presiden Jokowi-Menkes Budi Gunadi saat meninjau vaksinasi di Tanjung Priok (Dok. Istimewa)
Jakarta -

Sebuah video kerumunan yang dinarasikan terjadi usai Presiden Joko Widodo (Jokowi) meninjau vaksinasi pekerja di Pelabuhan Tanjung Priok viral di media sosial. Pihak kepolisian memastikan itu hanya antrean pemeriksaan VVIP.

Video kerumunan yang viral di media sosial tersebut memperlihatkan sejumlah orang yang berada di luar ruangan. Terdengar perekam video tersebut juga sempat menjelaskan kondisi di lokasi yang dinarasikan sebagai lokasi vaksinasi di Tanjung Priok, Jakarta Utara.

"Sudah mulai rusuh, Jokowi pergi. Kawan yang mau divaksin merangsek ke dalam, pengamanan kendor," kata perekam video seperti dilihat detikcom, Kamis (10/6/2021).

Menanggapi video tersebut, Kapolres Tanjung Priok, AKBP Putu Kholis, membantah adanya kerumunan. Dia menyebut warga saat itu mengantre karena melewati pemeriksaan ketat imbas adanya kunjungan Jokowi.

"Jadi antrean itu tadi karena ada kunjungan Pak Presiden. Jadi setiap sektor ada pemeriksaan barang, di situ tadi sempat mengantre," ujar Kholis saat dihubungi detikcom.

"Karena kan melintasi sektor pengamanan VVIP dan ada yang mengecekan barang. Itu terlihat ada yang mengular karena masuknya tidak sebebas masuk orang-orang biasa masuknya mengantre," katanya lagi.

Menurut Kholis, kondisi di lokasi bisa dikendalikan pihaknya. Antrean yang sempat mengular itu pun segera bisa diurai pihaknya.

"Kita langsung urai antrean di check door," imbuh Kholis.

Dia menambahkan jumlah orang yang hadir di lokasi pun telah sesuai aturan protokol kesehatan. Kholis menyebut kapasitas area dalam gedung tempat vaksinasi berjumlah 300 orang, namun pekerja yang diperkenankan masuk hanya berjumlah 100.

"Untuk kapasitas di dalam itu 100 orang. Itu sangat memenuhi syarat kemudian di tenda luar itu 250 orang sehingga masih dalam batas prokes," ujar Kholis.

"Pada saat masuk itu karena melalui sektor sehingga terlihat seperti mengular. Kemudian kita tadi imbau dan begitu sudah tercapai 300 vaksin hari ini, pekerja yang lain kita sampaikan bahwa kegiatan akan dilanjutkan nanti di jadwal berikutnya," katanya lagi.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) melanjutkan tinjauannya mengecek proses vaksinasi COVID-19 massal di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara. Jokowi harap vaksinasi ini bisa melindungi aktivitas di pelabuhan.

"Mobilitas orang, barang sangat tinggi dan kemungkinan untuk tertular COVID juga sangat tinggi baik karena interaksi dengan penumpang kapal, interaksi juga dengan ABK kapal, ini yang kita harapkan vaksinasi hari ini dapat terlindungi dari COVID-19," ujar Jokowi di Pelabuhan Tanjung Priok, Kamis (10/6/2021).

Dalam kunjungan itu Jokowi didampingi Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin, Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi, dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Jokowi tampak berbincang dengan petugas vaksinasi dan para peserta yang turut disuntik vaksin. Sesekali Menkes Budi Gunadi memberikan penjelasan ke Jokowi. Begitu pun Jokowi melakukan interaksi langsung di lokasi.

Simak video 'Syarat dan Lokasi Vaksinasi COVID-19 untuk Warga 18+ di DKI Jakarta':

[Gambas:Video 20detik]



(ygs/maa)