Yasonna 2 Kali Bercanda soal Demokrat di Rapat DPR, yang Kedua Bikin Baper

Tim detikcom - detikNews
Kamis, 10 Jun 2021 15:04 WIB
Menteri Hukum dan HAM (Menkum HAM) Yasonna H Laoly memenuhi panggilan pemeriksaan KPK. Laoly diperiksa sebagai saksi perkara dugaan korupsi proyek pengadaan e-KTP.
Yasonna Laoly (Agung Pambudhy/detikcom)
Jakarta -

Momen menarik tersaji dalam rapat Komisi III DPR RI dengan Menkumham Yasonna Laoly kemarin. Yasonna dalam rapat bercanda menyinggung pimpinan partai anggota Komisi III DPR Fraksi Demokrat, Benny K Harman, yang disebutnya masih lama menjadi presiden.

Berdasarkan catatan detikcom, Kamis (10/6/2021), candaan Yasonna soal pimpinan partai Benny K Harman masih lama jadi presiden adalah yang kedua kalinya selama 2021. Sebelumnya, Yasonna juga pernah bercanda soal pimpinan Partai Demokrat dalam rapat DPR.

Yang pertama terjadi dalam rapat Badan Legislasi (Baleg) DPR pada awal Maret 2021. Para anggota Fraksi Demokrat yang menghadiri rapat Baleg DPR saat itu ikut tertawa.

Namun respons berbeda muncul saat Yasonna bercanda soal pimpinan PD masih lama jadi presiden dalam rapat di Komisi III DPR. Salah seorang anggota Komisi III dari Fraksi Demokrat, Santoso, keberatan dengan candaan Yasonna.

Berikut ini 2 candaan Yasonna soal Demokrat dalam rapat DPR:

Yasonna Celetuk SK di Depan Legislator Demokrat

Candaan itu dilontarkan Yasonna saat rapat penyampaian pandangan fraksi terkait RUU Pemilu dan RUU lainnya terkait Prolegnas 2021, dalam rapat Baleg DPR, di gedung MPR/DPR, Jakarta, Selasa (9/3/2021). Tak ada legislator Demokrat yang protes dengan candaan Yasonna.

Awalnya Fraksi Demokrat diberi kesempatan untuk menyampaikan pandangan, yang dibacakan oleh Santoso. Seusai penyampaian pandangan, Santoso dipersilakan memberikan berkas pandangan fraksi tersebut ke pimpinan rapat dan Yasonna selaku Menkumham.

Saat penyerahan berkas pandangan fraksi inilah tiba-tiba Yasonna bercanda. Dia berbicara soal berkas pandangan Fraksi Demokrat tidak diberikan langsung oleh Ketua Fraksi Partai Demokrat Edhie Baskoro Yudhoyono (Ibas).

"Kalau ini SK, sudah langsung Ketua Fraksi (Ibas), ya," kelakar Yasonna.

Seketika itu, anggota DPR yang hadir dalam ruangan Baleg DPR tertawa mendengar kelakar Yasonna. Namun Yasonna tak menjelaskan apa SK yang dimaksudnya.

Sehari sebelum rapat Baleg DPR itu, Partai Demokrat, yang dipimpin oleh Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), sempat menyerahkan SK kepada Kemenkumham untuk membuktikan acara yang diklaim kongres luar biasa (KLB) PD di Deli Serdang, Sumut, ilegal. Saat penyerahan SK itu, AHY sempat berbincang langsung oleh Yasonna.

Lihat juga video 'AHY Dipasangkan dengan Berbagai Tokoh, PD Klaim Elektabilitas Naik':

[Gambas:Video 20detik]



Candaan Yasonna kedua ada di halaman berikutnya.