AHY Masih Lama Jadi Presiden? Survei Membuktikan...

Tim detikcom - detikNews
Kamis, 10 Jun 2021 11:19 WIB
Ketum Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), menggelar konferensi pers usai Kepengurusan KLB PD Moeldoko Ditolak
AHY (Andhika/detikcom)
Jakarta -

Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly melontarkan candaan 'bos Benny Harman masih lama jadi presiden'. Guyon ini bikin kader Partai Demokrat berang. Lalu seberapa kuat elektabilitas bos Benny Harman ini?

Benny Harman adalah anggota Komisi III DPR sekaligus Wakil Ketua Umum Partai Demokrat. Ketua Umum Partai Demokrat adalah Agus Harimurti Yudhoyono (AHY). Candaan Yasonna ini terlontar dalam rapat bersama Komisi III DPR ketika membahas pasal penghinaan presiden, yang disebut untuk melindungi presiden selanjutnya.

"Mungkin salah satu di antara kita ini, Pak Adies Kadir, jadi presiden atau siapa atau siapa, atau bosnya Pak Habiburokhman, atau siapa, kita biarkan (penghinaan) itu? Kalau bosnya Pak Benny masih lama barangkali," ujar Yasonna disambut gelak tawa anggota DPR yang hadir.

Anggota Komisi III DPR Fraksi Partai Demokrat, Santoso, keberatan dan meminta Yasonna mencabut ucapannya. Menurutnya, biarkan sejarah yang menentukan akhir hajatan Pilpres 2024, bukan Yasonna. Yasonna pun menegaskan pernyataannya hanyalah canda semata, namun dia akhirnya meminta maaf dan mencabutnya.

Hasil Survei

Menilik 3 survei terkini, elektabilitas AHY berkisar di angka 3 persen dan 5 persen. Berikut ini elektabilitas AHY berdasarkan tiga survei.

1. Survei Parameter Politik Indonesia

Survei Parameter Politik Indonesia dilakukan dengan metode telepolling menggunakan kuesioner. Jumlah sampel sebanyak 1.200 responden dengan metode simple random sampling dari 6.000 nomor ponsel. Survei Parameter Politik Indonesia dilakukan pada 23-28 Mei 2021. Margin of error survei kurang-lebih 2,9 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen. Elektabilitas AHY di survei ini sebesar 5,6 persen.

2. Survei Y-Publica

Survei Y-Publica dilakukan pada 1-10 Mei 2021 terhadap 1.200 orang mewakili seluruh provinsi di Indonesia. Survei dilakukan melalui sambungan telepon kepada responden yang dipilih acak dari survei sebelumnya sejak 2018. Margin of error ±2,89 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen. Hasilnya, elektabilitas AHY sebesar 3,2 persen atau berada di posisi kedelapan.

3. Survei Puspoll Indonesia

Dikutip dari website resmi Puspoll Indonesia, Selasa (25/5/2021), survei dilakukan pada 20-29 April 2021 melalui wawancara tatap muka dengan menggunakan kuesioner terstruktur. Total sampel 1.600 responden, margin of error 2,45 persen dan tingkat kepercayaan 95 persen. AHY berada di tempat ke-6 dengan elektabilitas 4,9 persen.

Simak video 'Simulasi Paslon Pilpres Via Survei, Prabowo-Puan Kalah dari Anies-AHY':

[Gambas:Video 20detik]



(gbr/tor)