detikcom Do Your Magic

Pemkot Jakpus Hitung Kebutuhan Pembatas di Trotoar Rawasari

Arief Ikhsanudin - detikNews
Kamis, 10 Jun 2021 13:25 WIB
Trotoar yang berada dekat Halte Kayu Putih, Rawasari, Jakarta, Selasa (08/06/2021), dijaga oleh sejumlah petugas Suku Dinas Perhubungan DKI Jakarta.
Foto: Rengga Sencaya/detikcom
Jakarta -

Pemerintah Kota Jakarta Pusat (Jakpus) berencana memasang pembatas di trotoar depan Halte Kayu Putih Rawasari, Jl Jenderal Ahmad Yani, Jakarta Pusat. Saat ini, pemerintah sedang menghitung kebutuhan pembatas trotoar.

"Akan dipasang pembatas. Sedang dihitung dulu, segera akan dipasang," ucap Wakil Wali Kota Jakarta Pusat Irwandi, saat dihubungi, Kamis (10/6/2021).

Irwandi belum menjelaskan kapan pembatas akan dipasang.

Diketahui, trotoar di depan Halte Kayu Putih Rawasari sering menjadi area parkir mobil. Mobil-mobil itu bisa leluasa parkir di area trotoar karena tidak ada pembatas trotoar.

Kondisi terakhir, pada Rabu (9/6), trotoar sudah lumayan tertib. Pihak Pemkot Jakpus menyatakan sudah mengusir petugas parkir liar di sini.

"Kita sudah siagakan Satpol PP dan Sudinhub (Suku Dinas Perhubungan Jakarta Pusat) untuk mengusir petugas parkir liar," kata Wakil Wali Kota Jakarta Pusat, Irwandi, kepada detikcom, Rabu (9/6/2021).

Meski begitu, berdasarkan pantauan detikcom di lokasi pada Rabu (9/6) sejak 14.00 WIB hingga pukul 17.00 WIB, tidak tampak aparat Satpol PP dan petugas Dinas Perhubungan DKI di lokasi.

Trotoar yang berada dekat Halte Kayu Putih, Rawasari, Jakarta, Selasa (08/06/2021), dijaga oleh sejumlah petugas Suku Dinas Perhubungan DKI Jakarta.Trotoar yang berada dekat Halte Kayu Putih, Rawasari, Jakarta, Selasa (08/06/2021), dijaga oleh sejumlah petugas Suku Dinas Perhubungan DKI Jakarta. (Rengga Sencaya/detikcom)

Belum jelas, apakah petugas parkir liar sudah benar-benar diusir dari jalur pejalan kaki seberang Halte TransJakarta Kayu Putih Rawasari ini. Namun kondisi trotoar sudah lebih tertib ketimbang pekan lalu. Kendaraan yang parkir di atas trotoar lebih sedikit, meski belum bisa dikatakan steril dari parkir liar. Sesekali, mobil dan sepeda motor memang masih parkir kemudian pergi dari trotoar ini.

(aik/dnu)