Dinkes DKI Temukan 800 Klaster COVID-19 Pasca-libur Lebaran

Tiara Aliya Azzahra - detikNews
Rabu, 09 Jun 2021 22:00 WIB
Poster
Ilustrasi Corona (Edi Wahyono/detikcom)
Jakarta -

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan DKI Jakarta Dwi Oktavia mengungkap ada 800 klaster COVID-19 baru yang tersebar di seluruh wilayah Ibu Kota. Dia mengatakan mayoritas pasien memiliki riwayat perjalanan ke luar kota saat masa libur Lebaran.

"Jadi sekarang kita menemukan 800-an klaster dengan riwayat perjalanan luar kota. Rata-rata anggota klaster 2-3 orang. Jadi ada 1.400 orang yang masuk dalam 800-an klaster tadi," kata Dwi saat dihubungi, Rabu (9/6/2021).

Selain perjalanan ke luar kota, Dwi mengatakan penyebab lainnya adalah kegiatan silaturahmi warga selama Lebaran hingga berkegiatan bersama-sama. Hal inilah yang menyebabkan kasus COVID-19 meningkat.

"Beberapa tempat kita lihat ada klaster yang sampai 20 orang karena riwayat melakukan kegiatan bareng-bareng. Silaturahmi warga, kemudian ada yang memang riwayat perjalanan," jelasnya.

Dwi memerinci 800 klaster COVID-19 tersebut mayoritas diisi oleh beberapa orang. Tapi, ada pula klaster yang jumlah warga positifnya melebihi 100 orang, seperti klaster silaturahmi di Cilangkap, Jakarta Timur.

Apabila diakumulasikan, jumlah warga yang positif COVID-19 di seluruh klaster mencapai 1.400 orang.

"Rata-rata cuma 2-3 orang klasternya. Mayoritas sih klasternya kecil-kecil tapi banyak. Tentu sama prosesnya ada yang masih aktif ada yg sudah klasternya selesai, tergantung kapan dia teridentifikasi dan kemudian isolasi sehingga bisa diputus rantai penularan," ujarnya.

Lebih lanjut, Dwi mengatakan Dinas Kesehatan DKI juga meneruskan beberapa sampel untuk diperiksa menggunakan metode whole genome sequencing (WGS). Sampel yang diteruskan ialah sampel yang didapatkan dari klaster yang penyebaran virusnya berlangsung cepat. Seperti yang terjadi di Cilangkap, Jakarta Timur.

"Ketika temukan kasus seperti berkelompok di Cilangkap, itu juga beberapa sampel diteruskan untuk pemeriksaan genome sequencing. Tujuannya untuk pemetaan tipe virus yang beredar, varian virus yang beredar. Sehingga kita lihat varian virusnya yang beredar misalnya varian tertentu," ucapnya.

Tonton Video: 400 Dosis Vaksin Diberikan untuk Warga Sekitar Klaster Corona Kayu Putih

[Gambas:Video 20detik]

(eva/eva)