Gubsu Edy Janji Perbaiki PPDB Usai Banyak Dikeluhkan Ortu Siswa

Ahmad Arfah Fansuri Lubis - detikNews
Rabu, 09 Jun 2021 18:23 WIB
Gubsu Edy Rahmayadi (Ahmad Arfah-detikcom)
Gubsu Edy Rahmayadi (Ahmad Arfah/detikcom)
Medan -

Gubernur Sumut (Gubsu) Edy Rahmayadi berjanji bakal memperbaiki sistem penerimaan peserta didik baru (PPDB) di wilayahnya. Perbaikan ini dilakukan setelah sejumlah orang tua siswa (ortu) mengeluhkan PPDB di Sumut.

"Nanti segera saya cek, habis itu nanti kita evaluasi, kita perbaiki," kata Edy di Medan, Rabu (9/6/2021).

Edy mengatakan dirinya akan segera memanggil panitia pelaksana PPDB dari Dinas Pendidikan Sumut. Hal ini untuk meminta penjelasan mengapa terjadi masalah dalam pelaksanaan PPDB.

Edy kemudian mengatakan PPDB tidak bisa serta-merta diperpanjang meski ada rekomendasi dari Ombudsman. Dia mengatakan hak untuk memperpanjang PPDB ada di tangan gubernur.

"Tak bisa Ombudsman mengeluarkan seruan seperti itu, yang punya wewenang kan gubernur. Kita lihat apa persoalannya, nanti kita perbaiki persoalannya," tuturnya.

Edy kemudian meminta panitia terus memperbaiki sistem PPDB. Dia mengingatkan bahwa proses penerimaan siswa baru ini harus berjalan dengan baik.

"Intinya kita akan merekrut anak-anak kita. Yang kita bisa benahi, kita benahi," jelasnya.

Sejumlah orang tua siswa sebelumnya mendatangi kantor Dinas Pendidikan Sumut. Kedatangan para orang tua ini untuk mengeluhkan situs PPDB yang tidak bisa diakses.

Kedatangan para orang tua ke Disdik Sumut ini sudah sejak Selasa (8/6) kemarin. Salah satu orang tua menyebut sudah berulang kali mencoba mendaftar kan anaknya, namun gagal.

"Sebenarnya saya sudah ikut prosedur. Saya melakukan pendaftaran online, namun dari hari pertama sampai hari terakhir ini belum bisa. Keterangan registrasi berhasil, namun tujuan sekolahnya berbeda. Yang terakhir-terakhir ini saya coba juga berulang-ulang, malah sekolah tujuan hilang," sebut orang tua siswa, Armansyah.

Tonton juga Video: Soal PPDB DKI, Anies Tak Ingin Ada 'Hidden Privilege'

[Gambas:Video 20detik]



(rfs/rfs)