Disdik Bakal Perpanjang PPDB Sumut Usai Banyak Dikeluhkan Ortu Siswa

Datuk Haris Molana - detikNews
Rabu, 09 Jun 2021 15:24 WIB
Ilustrasi PPDB (Andhika Akbarayansyah)
Foto Ilustrasi PPDB (Andhika Akbarayansyah/detikcom)
Medan -

Dinas Pendidikan (Disdik) Sumatera Utara (Sumut) bakal memperpanjang masa penerimaan peserta didik baru (PPDB). Salah satu alasannya adalah banyak orang tua yang belum bisa mendaftarkan anak-anak mereka lewat situs PPDB Sumut.

"Bakal diperpanjang," kata Sekretaris PPDB Disdik Sumut, Suhendri, saat dimintai konfirmasi, Rabu (9/6/2021).

Suhendri mengatakan berapa lama masa perpanjangan PPDB Sumut bakal diputuskan hari ini. Dia mengatakan keputusan masih menunggu data terbaru soal jumlah calon siswa yang telah mendaftar lewat situs PPDB Sumut.

"Waktunya keputusan hari ini, kita masih melihat progres, maksudnya apakah cukup 1 hari atau 2 hari," ucap Suhendri.

Suhendri menyebut pihaknya terus menginformasikan kepada orang tua siswa yang memiliki hambatan soal registrasi untuk bertanya ke pihaknya. Dia mengatakan jumlah pendaftar terus naik setelah ada penjelasan dari Disdik.

"Kita sudah kasih informasi untuk bisa men-support orang tua atau peserta didik yang memang memiliki hambatan untuk melakukan registrasi pada aplikasi. Kita lakukan secara masif dan hasilnya memang hari ini pergerakan pendaftaran itu terus bergerak," ujar Suhendri.

"Hari ini akan kita berikan SE (surat edaran perpanjangan pendaftaran)-nya nanti sehingga masyarakat bisa tenang dan masyarakat kemudian bisa melanjutkan kembali pendaftaran bagi yang belum," sambungnya.

Suhendri juga menuturkan pihaknya telah menuntaskan beberapa kendala yang sempat terjadi sejak dibukanya PPDB Sumut. Dia mengklaim situs PPDB Sumut telah berjalan dengan baik.

"Kemarin terjadi kendala-kendala, iya, tapi kendala-kendala itu sudah bisa dituntaskan. Artinya kalau dari sistem, berarti sistemnya berjalan dengan baik. Karena itu kami juga berharap untuk disampaikan juga ke publik bahwa sistem aplikasi kita baik-baik saja," ujar Suhendri.

Dia mengatakan perpanjangan masa PPDB Sumut ditujukan agar warga tidak dirugikan karena kendala pada sistem. Dia mengatakan perpanjangan masa PPDB Sumut diberikan agar para calon siswa tidak kehilangan kesempatan belajar di sekolah yang diinginkan.

"Tim akan membuat skema bagaimana kemudian skema itu tidak akan merugikan peserta didik kita baru ini khususnya yang mengalami kendala-kendala yang belum bisa mendaftar sampai hari ini," ujar Suhendri.

Untuk diketahui, PPDB di Sumut dibuka sejak 7 Juni 2021 untuk jalur prestasi dan bakal berakhir pada 9 Juni. Banyak orang tua siswa yang mengeluh karena situs PPDB Sumut kerap eror. Orang tua siswa pun telah ramai mendatangi kantor Disdik Sumut sejak Selasa (8/6) kemarin.

(haf/haf)