Mahfud Md Lapor Kondisi Papua ke Ma'ruf Amin, Ini Isinya

Tim detikcom - detikNews
Rabu, 09 Jun 2021 16:55 WIB
Wakil Presiden Maruf Amin
Wapres Ma'ruf Amin (Dok. Setwapres)
Jakarta -

Menko Polhukam Mahfud Md melaporkan kondisi Papua kepada Wakil Presiden Ma'ruf Amin. Laporan itu menjadi dasar untuk mendorong pembangunan di Papua dipercepat.

"Sebagaimana kita ketahui Pak Mahfud itu bertanggung jawab berkaitan dengan bagaimana sisi keamanan di Papua, karena Menko Polhukam kita tahu membawahi unsur-unsur keamanan di dalam negeri, terutama di Papua itu seperti apa dalam kondisi terakhir dan itulah yang dilaporkan oleh Pak Mahfud dalam rangka karena bagaimana agar pembangunan Papua untuk menyejahterakan warga itu mesti segera dipercepat dalam rangka itu," kata juru bicara Wakil Presiden Masduki Baidlowi dalam video yang diterima, Rabu (9/6/2021).

Masduki menjelaskan, keamanan menjadi bagian tak terpisahkan dari proses pembangunan kesejahteraan. Selain itu, Masduki menjelaskan istilah pembangunan quick wins.

"Sisi keamanan itu sebenarnya adalah bagian dari membangun kesejahteraan secara umum karena yang terpenting adalah bagaimana masyarakat Papua bisa segera sejahtera. Itulah kepentingan kita bersama dan dalam rangka itu Pak Mahfud melaporkan, tadi kita diputuskan disimpulkan pertama bagaimana agar program-program yang sifatnya quick wins, bagaimana cepat dan kemudian bisa segera menguntungkan untuk kesejahteraan di Papua bisa programnya segera terlaksana," ujar Masduki.

Ada beberapa poin yang disepakati dalam pertemuan tersebut. Selanjutnya kesepakatan itu bakal ditindaklanjuti di rapat lain.

"Tadi disepakati akan segera ada rapat lanjutan yang berkaitan dengan bagaimana supaya APBN yang dipergunakan untuk membangun kesejahteraan Papua segera bisa direalisasikan. Jadi Bappenas dan kementerian keuangan akan segera dipanggil oleh wakil presiden untuk kepentingan itu dan apabila itu sudah terlaksana, maka tahap berikutnya insyaallah akan ada rapat terbatas yang akan dilaporkan ke Pak Presiden untuk bagaimana membangun kesejahteraan Papua," imbuh Masduki.

Wapres Bakal Kunker ke Papua

Setelah pembahasan selesai, Ma'ruf Amin juga bakal mengunjungi Papua. Mahfud siap membantu rencana kunker Ma'ruf Amin itu.

"Baru setelah itu selesai semuanya maka kemudian wapres akan melakukan kunjungan ke Papua. Dalam konteks ini Pak Menko Polhukam akan membantu sepenuhnya Pak Wapres berangkat ke Papua untuk kemudian bisa segera dirasakan manfaatnya pembangunan Papua karena sampai saat ini dana APBN masih perlu segera dikonsolidasi untuk di lapangan bisa segera terealisasi untuk pembangunan quick wins kesejahteraan Papua," tutur Masduki.

(knv/fjp)