Kerumunan Order BTS Meal McD di Mana-mana, Satgas COVID-19 Angkat Bicara

Zunita Putri - detikNews
Rabu, 09 Jun 2021 16:46 WIB
Sejumlah ojek online (ojol) mendatangi McDonalds Raden Saleh, Jakarta, Rabu (9/6/2021). Ramainya antrean membuat terjadinya kerumunan di lokasi ini.
Kerumunan order BTS Meal di McDonald's / Foto: Rifkianto Nugroho
Jakarta -

Sejumlah outlet McDonald's (McD) diserbu warga hingga memicu adanya kerumunan karena menu makanan baru mereka, yakni BTS Meal. Satgas COVID-19 angkat bicara terkait kerumunan McD di sejumlah daerah di Indonesia.

"Berdasarkan aturan PPKM Kab/Kota terbaru (Inmendagri No 12 Tahun 2021) diketahui bahwa memang diizinkan adanya pemesanan dibawa pulang, namun perlu ditekankan adanya penerapan protokol kesehatan yang ketat, termasuk menjaga jarak atau tidak berdesakan," ujar jubir Satgas COVID-19 Wiku Adisasmito saat dihubungi, Jumat (9/6/2021).

Wiku meminta semua pihak sama-sama mencegah penularan COVID di masyarakat. Satgas mengimbau warga menaati aturan protokol kesehatan.

"Mohon kerja sama dari semua pihak untuk sama-sama mencegah peningkatan penularan di masyarakat," kata Wiku.

Diketahui, sejumlah McD di beberapa daerah seperti Jakarta, Makassar, Kediri, Medan, dan Solo terpaksa ditutup oleh Satgas. Penutupan dikarenakan adanya antrean BTS Meal yang menyebabkan kerumunan.

Contohnya McD Gambir, Jakarta Pusat, ditutup sementara oleh Satpol PP imbas kerumunan ojek online order BTS Meal. Selain itu, McD di Ciputat, Tangerang Selatan, juga dikerumuni.

Saat disambangi Rabu (9/6/2021) sekitar pukul 13.25 WIB, McD Stasiun Gambir, Jakpus, sudah tutup. Sebuah stiker penyegelan terpasang di depan pintu McD Stasiun Gambir ini.

Stiker 'Ditutup Sementara' ini teregister 1213/BAP/JP/PI/2021 dan terhitung dari 9-10 Juni 2021. Rata-rata mereka yang antre di McD adalah ojek online (ojol) karena menu BTS Meal itu hanya bisa dipesan untuk dibawa pulang.

"Jadi dengan ada kerumunan McD ini mengundang daripada driver online lain untuk membeli atau memesan di mereka ini sehingga membentuk kerumunan. Nah, kami tadi begitu mendengar ada kerumunan (ojol) dan kami cek, memang benar ternyata di sini ada keramaian. Sehingga kami di sini langsung bersama rekan dari Satpol PP dan rekan-rekan dari TNI, mengimbau mereka untuk tidak melakukan kerumunan," ujar Kapolsek Metro Gambir AKBP Kade Budiyarta saat ditemui di McD Gambir.

Lihat Video: Kericuhan Driver Ojol di McD Duren Sawit karena Antrean BTS Meal

[Gambas:Video 20detik]



(zap/imk)