Patok Tarif Parkir Selangit, 14 Jukir Liar di Palembang Diringkus Polisi

Prima Syahbana - detikNews
Rabu, 09 Jun 2021 16:23 WIB
Juru parkir yang viral patok tarif selangit di Palembang.
Jukir liar di Palembang mematok tarif parkir selangit. (Prima Syahbana/detikcom)
Palembang -

Video viral juru parkir (jukir) di Palembang, Sumatera Selatan (Sumsel), mematok tarif parkir selangit membuat masyarakat resah. Sebanyak 14 jukir liar yang diduga mematok tarif parkir selangit itu diringkus polisi.

Unit 1 Subdit III Jatanras Polda Sumsel menggelar operasi preman dan juru parkir liar yang diduga mematok tarif selangit, Rabu (9/6/2021) siang. Ada 14 orang jukir yang diringkus guna dilakukan pemeriksaan.

Kasubdit Jatanras Polda Sumsel Kompol Christoper Panjaitan mengatakan pihaknya menggelar operasi preman dan juru parkir untuk menindaklanjuti laporan masyarakat yang resah oleh adanya jukir yang mematok tarif parkir selangit.

"Memang sempat viral di media sosial beberapa juru parkir mematok tarif parkir yang tidak wajar. Dari situlah kita menggelar operasi ini menindaklanjuti keresahan warga tersebut," kata Christoper ketika ditemui di Polda Sumsel.

Dia mengatakan, dalam operasi itu, ada 14 jukir yang tidak dilengkapi dengan surat izin atau surat tugas yang resmi dari pemerintah daerah.

"Karena tidak dilengkapi surat resmi, ke-14 orang tersebut kita bawa dan kita amankan. Mereka kita periksa terkait pematokan tarif parkir selangit atau tidak wajar," ujarnya.

Salah satu juru parkir bernama Gentar (27), yang wajahnya viral di medsos meminta tarif parkir Rp 10 ribu, mengakui perbuatannya. Hal itu dia lakukan karena setoran parkir yang tinggi sehingga membuatnya nekat mematok tarif parkir dengan nominal tersebut.

"Iya saya ngaku saya salah. Saya minta maaf. Saya lakukan itu karena terpaksa setoran mahal, Rp 250 ribu setengah hari. Sementara saya pulang ke rumah hanya membawa uang Rp 30 ribu," kata dia ketika ditemui di Polda Sumsel.

Polisi akan melakukan penyelidikan mendalam terkait jaringan yang menerima setoran sehingga jukir di lapangan bekerja sampai harus mematok tarif selangit.

"Sementara ini, terhadap 14 orang yang diamankan, kita lakukan pembinaan. Sedangkan dugaan pungli akan kita dalami seperti apa motifnya," tegas Christoper.

Lihat juga Video: Usai Pecel Lele, Kini Heboh Parkir 'Nuthuk' di Dekat Malioboro

[Gambas:Video 20detik]




(rfs/rfs)