BTS Meal, Kerumunan Ojol di McD Makassar Dibubarkan Petugas

Hermawan Mappiwali - detikNews
Rabu, 09 Jun 2021 16:15 WIB
McD Makassar (Hermawan/detikcom).
McD Makassar (Hermawan/detikcom)
Makassar -

Peluncuran BTS Meal di McDonald's (McD) Kota Makassar memicu kerumunan pengunjung dan pengemudi ojek online. Aparat Satpol PP Makassar turun tangan membubarkan kerumunan tersebut.

Kerumunan ini terjadi di sejumlah gerai McD di Kota Makassar pada Rabu (9/6/2021) sejak pagi tadi. Sepeti di McD Jalan AP Pettrani, para driver ojol berkerumun tanpa jarak sembari menunggu orderan selesai.

"Itu kan nggak boleh sebenarnya berkerumun seperti itu. Iya bisa saja seperti itu, tapi dia harus jaga jarak mengikuti protokol kesehatan," kata Kabid Penegakan Hukum Satpol PP Makassar Irwan kepada detikcom.

McD Makassar (Hermawan/detikcom).Tangkapan layar video viral ojol berkerumun di McD Pettarani Makassar karena BTS Meal. (Dok. Istimewa).

Irwan mengatakan laporan anggota Satpol PP di lapangan mengungkap kerumunan terjadi di 4 gerai McD di Makassar. Tak tertibnya antrean membuat petugas Satpol melakukan pembubaran.

"Ini yang terpantau ini baru 4 (kecamatan), Panakkukang, Rappocini, Tamalanrea, Ujung Pandang," katanya.

Irwan mengatakan pihak McD bisa saja kembali membuka orderan, namun harus terlebih dahulu menyiapkan skema antrean yang menjamin protokol kesehatan.

"Artinya, dia harus membuat aturan antrean supaya sesuai protokol kesehatan. Dia harus begitu," katanya.

Irwan juga mengatakan Satpol PP saat ini juga telah melakukan pemantauan ketat di sejumlah gerai McD sehingga bisa melakukan penertiban jika terjadi pelanggaran protokol kesehatan.

"Jadi masing-masing kecamatan sudah memantau itu, kan Satpol PP di tingkat kecamatan sudah ada, itulah yang memantau melaporkan ke kami," ungkapnya.

Untuk diketahui, kerumunan di sejumlah gerai McD di Makassar ini juga tersebar dalam sejumlah rekaman video di media sosial (medsos). Kerumunan ini disebut mulai berlangsung sejak pagi tadi.

Kerumunan tersebut hanya berlangsung sekitar pukul 13.00 Wita, karena aparat melakukan peneguran.

Pantauan detikcom di salah satu gerai McDonald's di Makassar di Jalan AP Pettarani, Makassar, tak ada lagi oknum ojol yang memadati antrean. Hanya ada antrean pengendara mobil yang melakukan orderan bawa pulang ke rumah.

(hmw/nvl)