Kabar Terkini Rumah Bawah Tanah Kakek Zainuddin Usai Disetop: Terendam Air

Hermawan Mappiwali - detikNews
Rabu, 09 Jun 2021 12:01 WIB
Kakek di Sulawesi Selatan membangun rumah bawah tanah menggunakan cangkul selama 2 tahun
Rumah bawah tanah milik Kakek Zainuddin. (Zulkipli Natsir/detikcom)
Bone -

Kakek Zainuddin di Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan (Sulsel), yang sempat viral di media sosial karena membangun rumah di bawah tanah, kini sudah tidak melanjutkan pembangunan. Kondisi terkini, rumah bawah tanah itu sudah terendam air akibat hujan.

"Itu sekarang sudah tergenang air. Itu hampir sepenuhnya itu," kata Kepala Desa (Kades) Awang Cenrana, Bone, Abdul Hamid kepada wartawan, Rabu (9/6/2021).

Hamid mengungkapkan Kakek Zainuddin tak bisa melanjutkan proyek rumah bawah tanah miliknya sejak Mei 2021. Musim hujan menjadi penyebabnya.

"Sejak pertengahan bulan puasa, mulai masuk bulan 5 musim hujan kan, sejak itu juga dia berhenti karena memang tidak bisa kalau musim hujan," kata Hamid.

"Untuk sementara sekarang ini dia berhenti. Sejak kemarin karena musim hujan," katanya lagi.

Hamid menilai pengerjaan rumah bawah tanah Kakek Zainuddin menemui sejumlah kendala akibat tergenang air hujan. Genangan air menyulitkan pekerjaan Kakek Zainuddin yang selama ini hanya memakai alat sederhana, seperti cangkul dan sekop.

"Kan musim hujan sementara rumah bawah tanahnya kan tidak ada atapnya (sehingga air masuk)," tutur Hamid.

Saat disinggung apakah Kakek Zainuddin bertekad menyelesaikan proyek rumah bawah tanahnya setelah genangan air surut, Hamid mengaku kurang tahu.

Simak selengkapnya di halaman selanjutnya.

Saksikan video 'Cerita Kakek Bangun Rumah Bawah Tanah Modal Bercangkul 2 Tahun':

[Gambas:Video 20detik]