Orang Tua Siswa Kembali Penuhi Kantor Disdik Keluhkan soal PPDB Sumut

Datuk Haris Molana - detikNews
Rabu, 09 Jun 2021 12:48 WIB
Suasana di Kantor Disdik Sumut (Datuk-detikcom)
Suasana di Kantor Disdik Sumut (Datuk/detikcom)
Medan -

Masa penerimaan peserta didik baru (PPDB) Sumatera Utara (Sumut) memasuki hari ketiga. Orang tua siswa yang belum bisa mendaftar kembali memenuhi kantor Dinas Pendidikan (Disdik) Sumut.

Pantauan detikcom di Kantor Disdik Sumut, Medan, Rabu (9/6/2021), tampak puluhan orang tua bersama anak-anaknya mempertanyakan masalah pendaftaran.

Petugas menanyai keperluan mereka. Jika terkait PPDB Sumut, para calon peserta didik dipersilakan masuk ke aula, sementara orang tua diminta menunggu di luar ruangan.

Tampak petugas melayani keluhan para calon peserta didik terkait PPDB. Salah satu orang tua siswa yang mengantarkan anaknya ke Kantor Disdik Sumut, Armansyah, mengatakan sudah berulang kali mencoba mendaftar ke sekolah yang diinginkan anaknya, tapi tak bisa.

"Sebenarnya saya sudah ikut prosedur. Saya melakukan pendaftaran online, namun dari hari pertama sampai hari terakhir ini belum bisa. Keterangan registrasi berhasil namun tujuan sekolahnya berbeda. Yang terakhir-terakhir ini saya coba juga berulang-ulang, malah sekolah tujuan hilang," sebut Armansyah.

Armansyah mengatakan mendapat informasi bahwa sistem dari aplikasi PPBD Sumut mengalami masalah. Dia pun memutuskan mendatangi Kantor Disdik Sumut untuk mencari kejelasan.

"Jadi memang saya ada kontak teman-teman, mereka mengatakan ada kesalahan sistem. Saya ke sekolah yang saya tuju juga mereka katakan adanya kesalahan. Saya dianjurkan coba berulang-ulang sampai sekarang nggak bisa, makanya saya ke sini (Disdik Sumut) untuk memastikan bagaimana cara pendaftarannya dan alhamdulillah sedang diproses," sebut Armansyah.

Dia berharap Disdik Sumut memperbaiki situs PPDB Sumut. Dia menyebut situs PPDB Sumut harusnya bisa mempermudah warga mendaftarkan anak-anaknya sekolah tanpa keluar dari rumah saat pandemi Corona.

"Saya berharap kalau kita dihadapkan pada suatu sistem seperti ini sudah harus siaplah gitu. Kondisi pandemi gini, kalau bisa, kita jangan banyak ke luar rumah. Seperti ini, mau tak mau saya, saya sudah tak masuk kerja karena ini. Kalau nggak, ya gimana, demi anak kita, mengusahakan, gitu kan. Mau tak mau, kita berkorbanlah beberapa hari untuk anak. Mudah-mudahan selesai," sebut Armansyah.

PPDB di Sumut dibuka sejak 7 Juni 2021 untuk jalur prestasi dan bakal berakhir pada 9 Juni. Banyak orang tua siswa yang mengeluh karena situs PPDB Sumut kerap eror. Orang tua siswa pun telah ramai mendatangi kantor Disdik Sumut sejak Selasa (8/6) kemarin.