Mega Elus-elus Prananda, Akan Ada Gesekan dengan Puan?

Tim detikcom - detikNews
Selasa, 08 Jun 2021 11:59 WIB
Prananda Prabowo sukses mengarahkan Rakernas I PDIP guna mewujudkan Indonesia menjadi Negara Industri berbasis Riset dan Inovasi Nasional.
Prananda Prabowo saat mendampingi Megawati (Foto: dok. PDIP)
Jakarta -

Sosok putra Ketua Umum (Ketum) PDIP Megawati Soekarnoputri, Prananda Prabowo, muncul dalam acara peresmian patung Presiden ke-1 RI Sukarno di Kementerian Pertahanan (Kemenhan) minggu lalu. Prananda mendampingi Megawati bersama Menhan Prabowo Subianto meresmikan patung Sukarno.

Kehadiran Prananda mendampingi Megawati mencuri perhatian. Sebab, Prananda diketahui jarang tampil di publik. Dan biasanya Puan Maharani-lah yang mendampingi Megawati dalam berbagai acara.

"Belakangan ini, Mega berusaha menampilkan peran Prananda, yang selama ini berada di balik layar. Mega ingin kehadiran Prananda di ruang publik bisa memperkuat level pengenalan publik," kata Direktur Eksekutif Institute for Democracy & Strategic Affairs Ahmad Khoirul Umam kepada wartawan, Selasa (8/6/2021).

Umam khawatir kemunculan Prananda berimbas buruk bagi PDIP sendiri. Bukan tak mungkin kehadiran Prananda membuka potensi kubu-kubuan di kalangan internal PDIP.

"Tapi memang kehadiran Prananda ini dikhawatirkan membuka potensi faksionalisme dan berhadapan dengan kekuatan Puan. Karena itu, stabilitas internal PDIP ke depan akan sangat bergantung pada sikap Megawati," sebut Umam.

Lebih lanjut Umam mengingatkan potensi saling sikut antara kubu Prananda dan Puan harus diantisipasi oleh PDIP. Potensi benturan antarkubu itu bahkan sangat terbuka untuk terjadi jika peran Megawati melemah.

"Di sinilah yang harus diantisipasi. Jika peran Mega mulai melemah, PDIP berpotensi rentan mengalami benturan antarkepentingan dan kelompok internalnya," ucap Umam.

Seperti diketahui, Prananda merupakan salah seorang elite PDIP yang mendampingi Megawati dalam peresmian patung Sukarno di kantor Kemenhan. Selain Prananda, Megawati didampingi Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto dan Ketua DPP PDIP Yasonna H Laoly.

Dalam acara peresmian, Prananda juga mendampingi Megawati saat hendak memberikan sambutan. Prananda mengantarkan Megawati menuju podium untuk memberikan sambutan.

Prananda jarang tampil sendiri. Penampilan Ketua Bidang UMKM, Ekonomi Kreatif, dan Ekonomi Digital DPP PDIP itu ke publik lebih sering karena mendampingi sang ibunda.

Prananda kerap mendampingi Megawati saat di Kongres maupun rakernas PDIP. Dia juga sering terlihat menemani Presiden ke-5 RI itu menerima gelar honoris causa, di Indonesia, Jepang, hingga China.

Simak juga video 'Usulan Duet Mega-Prabowo di 2024, Gerindra: Semua Kami Tampung':

[Gambas:Video 20detik]



(zak/tor)