6 Rukun Iman dan Maknanya yang Wajib Dipahami Umat Muslim

Kristina - detikNews
Selasa, 08 Jun 2021 11:08 WIB
Rear view of asian muslim woman in veil raised hands and praying on the sand dune with moon and night scene background
Foto: Getty Images/iStockphoto/leolintang
Jakarta -

Rukun iman merupakan dasar kepercayaan dalam Islam yang wajib diamalkan oleh orang yang beriman. Rukun iman terdiri dari 6 hal.

Rukun artinya dasar atau pokok yang harus dikerjakan. Sementara iman, artinya yakin atau percaya. Hudarrohman dalam bukunya yang berjudul Rukun Iman menjelaskan, rukun iman dituangkan dalam diri orang yang beriman melalui 3 tahap. Antara lain, iman diyakini dalam hati, iman diikrarkan dengan lisan, dan iman diamalkan dengan anggota badan.

Iman diyakini dalam hati mengandung pengertian percaya atau yakin dengan sepenuh hati bahwa alam semesta dan seluruh isinya diciptakan oleh Allah SWT. Contohnya adanya siang dan malam, adanya berbagai macam makhluk baik yang nyata maupun ghoib.

Sedangkan iman diikrarkan dengan lisan, dilakukan dengan mengucap "Saya beriman kepada Allah, kepada malaikat-malaikat-Nya, rasul-rasul-Nya, hari akhir dan saya beriman kepada ketetapan baik dan buruk dari pada-Nya.

Sementara itu, iman diamalkan dengan anggota badan yakni menjalankan segala perintah-Nya dan menjauhi larangan-Nya. Seperti sholat 5 waktu, puasa, zakat, tidak berbohong, dan lain sebagainya.

Merujuk pada sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Imam Muslim, dikatakan bahwa rukun iman berjumlah 6.

Dari Umar bin Khatthab ra. pada suatu hari Rasulullah SAW didatangi oleh Malaikat Jibril. Kepada Rasulullah, Jibril bertanya, "Beritahukanlah kepadaku apa itu iman."

Rasulullah bersabda yang artinya: "Iman itu artinya engkau beriman kepada Allah, para malaikat-malaikat Nya, kitab-kitab-Nya, Rasul-rasul-Nya, hari akhir, dan kamu beriman kepada takdir yang baik maupun yang buruk." (HR. Muslim).

Berdasarkan hadits di atas, berikut rukun iman yang wajib diyakini oleh umat Islam:

1. Iman kepada Allah SWT
2. Iman kepada malaikat-malaikat Allah SWT
3. Iman kepada kitab-kitab Allah SWT
4. Iman kepada rasul-rasul Allah SWT
5. Iman kepada hari akhir
6. Iman kepada takdir yang baik maupun yang buruk datangnya dari Allah SWT (qada' dan qadar).

Makna rukun iman

1. Iman kepada Allah SWT

Iman kepada Allah SWT artinya mempercayai dan meyakini dengan sepenuh hati bahwa Allah itu ada (wujud). Untuk dapat mengenal-Nya, kita harus mengetahui sifat-sifat yang dimiliki-Nya. Secara keseluruhan, sifat-sifat Allah ada 3 yaitu sifat wajib, sifat mustahil, dan sifat jaiz.

Simak juga 'Melihat Saksi dan Bukti Penyebaran Islam di Purwakarta':

[Gambas:Video 20detik]