Anggota DPRD: Call Center PPDB DKI juga Sulit Diakses, Siswa-Ortu Waswas!

Muhammad Ilman Nafian - detikNews
Selasa, 08 Jun 2021 05:54 WIB
Ilustrasi PPDB (Andhika Akbarayansyah)
Foto: Ilustrasi PPDB (Andhika Akbarayansyah)
Jakarta -

Sistem penerimaan peserta didik baru (PPDB) DKI Jakarta 2021 secara online sulit diakses atau lemot. Anggota Komisi E DPRD DKI Jakarta, Ima Mahdiah mengaku menerima keluhan dari orang tua murid mengenai sulitnya mengakses situs tersebut.

"Iya saya mendapatkan banyak keluhan dari orang tua murid mengenai kendala pendaftaran PPDB tahun ajaran 2021. Terutama ketika melakukan registrasi di sistem Sidanira (Sistem Pendataan Nilai Raport)," ujar Ima kepada wartawan, Senin (7/6/2021).

Ima meminta kepada panitia PPDB DKI untuk memperpanjang masa pendaftaran. Selain itu, panitia juga diminta untuk selalu memberikan informasi kepada para orang tua.

"Saya meminta agar dinas dan panitia PPDB untuk memperpanjang masa pendaftaran dan segera aktif melakukan dan memberikan informasi ke para orang tua murid agar mereka tidak stres menghadapi situasi seperti ini. Nomor call centre yang diberikan juga sulit diakses," katanya.

"Saya menyayangkan Pemprov tidak terlihat melakukan improvisasi setelah kekacauan di tahun lalu. Ada waktu 1 tahun untuk pembenahan, tetapi fokus Pemprov sepertinya malah fokus ke arah yang lain alih-alih memperbaiki sistem PPDB tahun ini," sambungnya.

Secara terpisah, anggota Komisi E DPRD DKI Jakarta lainnya, Oman R Rakinda juga mengatakan lemotnya sistem PPDB DKI Jakarta membuat para orang tua siswa waswas. Dia juga meminta masa pendaftaran PPDB diperpanjang.

"Iya, banyak sekali keluhan orang tua masuk. Tidak bisa mengakses situs PPDB. Membuat orang tua siswa dan siswa waswas. Kami minta ada perpanjangan waktu pendaftaran PPDB," kata Oman.

Oman mengatakan seharusnya Pemprov DKI dapat mengantisipasi hal tersebut. Sebab, akan banyak orang yang mengakses sistem PPDB DKI, terlebih di hari pertama pendaftaran.

"Seharusnya bisa diantisipasi agar tidak lemot, entah kapasitas bandwidth yang disediakan ditingkatkan atau apapun penyebab pelambatan sistem harus diantisipasi atau karena padatnya akses dalam waktu yang bersamaan. Karena PPDB online aksesnya harus optimal, jalurnya pasti padat, masyarakat mengakses dalam waktu bersamaan," ucapnya.

Simak selengkapnya di halaman selanjutnya.

Saksikan video 'Soal PPDB DKI, Anies Tak Ingin Ada 'Hidden Privilege'':

[Gambas:Video 20detik]