Disdik Jelaskan Alasan Pengajuan Akun PPDB Jakarta 2021 Disetop Sementara

Tiara Aliya Azzahra - detikNews
Senin, 07 Jun 2021 18:26 WIB
Ilustrasi fokus (bukan buat insert) Kisruh PPDB Sistem Zonasi (Zaki Alfarabi/detikcom)
Foto: Ilustrasi PPDB. (Zaki Alfarabi/detikcom)
Jakarta -

Pemprov DKI Jakarta menghentikan sementara proses pengajuan akun PPDB Jakarta 2021. Kasubag Humas Dinas Pendidikan (Disdik) DKI Jakarta Taga Radja mengatakan waktu pendaftaran akun akan diperpanjang hingga 10 Juni 2021 mendatang.

"Kita sudah ambil kebijakan, karena ini sampai sehari maka Dinas Pendidikan memundurkan waktu sampai tanggal 10 Juni 2021 pada pukul 14 00 WIB. Jadi mundur sehari," kata Taga saat dihubungi, Senin (7/6/2021).

Sejauh ini, pihaknya tengah berupaya melakukan optimalisasi situs ppdb.jakarta.go.id. Namun demikian, Taga memastikan optimalisasi sistem tak mengganggu kinerja website secara keseluruhan. Calon peserta didik baru (CPDB) yang sudah berhasil mendaftar tetap bisa mengakses website ini.

"Yang dihold hanya ajuan akun saja. Kalau yang lain semuanya bisa, mau lihat prestasi, peringkatnya semuanya bisa. Untuk yang sudah punya akun ya. Tapi yang akun baru sementara hanya 2 jam, jam 16.00-18.00 untuk optimalisasi sistem," jelasnya.

Taga juga mengimbau kepada orang tua tak perlu khawatir anaknya belum berhasil mendaftar PPDB. Dia memastikan penghentian ini tal merugikan masyarakat.

"Nggak ada mbak, tidak dirugikan masyarakat sehingga waktunya ditambah. Inshallah ini sudah terbaik untuk kita berikan kepada masyarakat Jakarta," ucapnya.

"Kalau ada kekurangan dalam sistem kita sekali lagi sampaikan mohon maaf untuk warga Jakarta agak kurang nyaman, tapi kita konsekuensi menambah waktu pendaftarannya," sambungnya.

Sebelumnya diberitakan, Situs resmi PPDB Jakarta 2021 masih sulit diakses. Imbasnya, proses pengajuan akun dihentikan sementara.

Pemberitahuan ini tercantum di situs resmi ppdb.jakarta.go.id. Dilihat pukul 15.39 WIB, muncul pop up pemberitahuan situs PPDB Jakarta 2021 sedang dioptimalisasi.

"Sehubungan dengan optimalisasi sistem PPDB online, pengajuan akun akan dihentikan sementara," demikian pemberitahuan di situs PPDB Jakarta 2021, seperti dilihat, Senin (7/6/2021).

Penghentian sementara itu akan berlangsung selama dua jam mulai pukul 16.00 WIB sampai 18.00 WIB. Setelah optimalisasi situ selesai, proses pengajuan akun kembali bisa dilakukan kembali.

Tahapan PPDB Jakarta 2021 dimulai dari pengajuan akun di website ppdb.jakarta.go.id. Kemudian dilanjutkan aktivasi token, pemilihan sekolah, proses seleksi, hingga pengumuman.

Simak juga video 'Soal PPDB DKI, Anies Tak Ingin Ada 'Hidden Privilege'':

[Gambas:Video 20detik]



(idn/idn)