Penusuk Polisi di Palembang Jadi Tersangka!

M Syahbana - detikNews
Senin, 07 Jun 2021 11:06 WIB
MI terduga penusuk polisi di Palembang (M Syahbana-detikcom)
Foto: MI terduga penusuk polisi di Palembang (M Syahbana-detikcom)
Palembang -

Polisi menyebut kondisi kejiwaan terduga pelaku penusukan polisi di Palembang, MI (34), dalam keadaan sehat. Polisi juga menetapkan MI sebagai tersangka.

"Dari hasil pemeriksaan psikolog, garis besarnya dia (MI) kondisinya baik dan sehat," ujar Dirreskrimum Polda Sumsel, Kombes Hisar Siallagan, saat dimintai konfirmasi, Senin (7/6/2021).

Menurutnya, MI masih dapat berkomunikasi dan punya daya tangkap yang baik. Selain itu, MI juga mampu mengingat waktu dan tempat kejadian dengan jelas.

"Memang, dapat berkomunikasi dengan baik, daya tangkapnya baik, kemudian mampu mengingat waktu tempat, ini uraian psikolognya. Saat diperiksa, menjawab pertanyaan juga masih bagus," katanya.

Meski demikian, pihaknya masih menunggu hasil pemeriksaan ahli kejiwaan. Dia mengatakan hasil pemeriksaan itu dibutuhkan untuk melengkapi berkas perkara.

"Kita masih menunggu satu lagi dari ahli jiwa psikiater. Butuh waktu beberapa hari kita menerima hasilnya," katanya.

"Walaupun kita masih menunggu hasil dari psikiater, tapi kita sudah tetapkan dia (MI) sebagai tersangka. Masalah kondisi kejiwaan, hanya untuk melengkapi berkas saja," sambung Hisar.

Polisi menjerat MI dengan pasal berlapis. Polisi menjerat MI dengan Pasal 351 ayat 2 KUHP.

"Tersangka kini kita kenakan Pasal 338, 340 juncto 53 sama subsider 352, ancaman hukuman 15 tahun penjara," tuturnya.

Penusukan itu terjadi di pos polisi di Palembang, Jumat (4/6). Polisi yang menjadi korban, Bripka Ridho Oktonardo, mengalami luka tusuk masih dalam perawatan di rumah sakit.

MI sendiri disebut punya riwayat gangguan jiwa. Saat ditanyai, MI mengaku melakukan aksinya karena ingin menjadi teroris.

Simak video 'Pengakuan Penusuk Polisi di Palembang: Ingin Jadi Teroris':

[Gambas:Video 20detik]



(haf/haf)