Gunung Sinabung Erupsi, Abu Vulkanik Tersebar hingga Langkat

Antara - detikNews
Senin, 07 Jun 2021 10:37 WIB
Gunung Sinabung di Kabupaten Karo, Provinsi Sumatera Utara mengalami erupsi pada Minggu dengan tinggi kolom abu vulkanik teramati 2.000 meter dari atas puncak gunung.  (ANTARA/HO)
Foto ilustrasi Gunung Sinabung di Karo mengalami erupsi. (ANTARA/HO)
Langkat -

Gunung Sinabung di Kabupaten Karo, Sumatera Utara, mengalami erupsi. Abu vulkanik menyebar hingga ke Stabat, Kabupaten Langkat, yang berjarak sekitar 80 km.

Kepala Desa Telagah, Kecamatan Sei Bingai, Kabupaten Langkat, Suranta Sitepu, menceritakan erupsi terjadi antara pukul 03.00 dan 04.00 WIB.

"Sangat tebal debu yang sampai ke Langkat ini dan ini baru terjadi tadi beberapa jam saja," katanya seperti dilansir dari Antara, Senin (7/6/2021).

Hampir semua halaman rumah warga di sana diselimuti debu vulkanik Gunung Sinabung. Dia meminta warga memakai masker karena debu yang sangat tebal.

Sementara itu, seorang ibu rumah tangga, Pipit, warga Sidomulyo, Kecamatan Stabat, awalnya mengaku heran karena banyak debu di lingkungannya. Warga di Kota Stabat juga sibuk membersihkan tumbuhannya berupa bunga di halaman karena diselimuti debu yang sangat tebal.

Debu vulkanik Gunung Sinabung Tanah Karo yang erupsi sampai di Kota Stabat dan sangat tebal.(FOTO ANTARA/HO)Debu vulkanik Gunung Sinabung Tanah Karo yang erupsi sampai di Kota Stabat dan sangat tebal. (FOTO ANTARA/HO)

"Debunya sangat tebal sampai ke rumah warga di sini dan ini baru pertama terjadi debu vulkanik Sinabung sangat tebal seperti ini," katanya.

Berdasarkan data situs Kementerian ESDM, Gunung Sinabung mengalami erupsi pada Minggu (6/6) malam. Visual letusan tidak teramati. Erupsi terekam di seismograf dengan amplitudo maksimum 36 mm dan durasi 85 detik.

(haf/haf)