Kapolri Siapkan Manajemen Kontijensi Tekan COVID-19 di Kudus

Fajar Pratama - detikNews
Minggu, 06 Jun 2021 23:40 WIB
Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto dan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengecek kondisi penanganan COVID-19 di Kudus
Foto: Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto dan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengecek kondisi penanganan COVID-19 di Kudus (Dok. Istimewa)
Jakarta -

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo bersama Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto dan beberapa pihak terkait turun langsung dalam penanganan lonjakan virus corona atau COVID-19 di Kabupaten Kudus, Jawa Tengah. Jenderal Sigit dalam kesempatan tersebut menyiapkan manajemen kontijensi untuk tekan COVID-19.

Sigit mengatakan Salah satu manajemen kontinjensi adalah dengan menguatkan test Swab RT-PCR dan edukasi soal 3M (mencuci tangan, memakai masker dan menjaga jarak) serta 3T (testing, tracing dan treatment. Dia meminta masyarakat di Kudus yang hasil swab antigennya reaktif maka akan langsung dilakukan test RT-PCR.

"Yang selesai di tracing dan reaktif langsung di arahkan untuk tidak keluar rumah dan isolasi mandiri sampai dengan RT-PCR keluar," kata Sigit dalam keterangan tertulisnya, Jakarta, Minggu (6/6/2021).

Sigit mengatakan masyarakat yang melakukan isolasi mandiri setelah dikonfirmasi positif Corona bakal dilakukan pengawasan ketat oleh aparat TNI-Polri. Menurutnya langkah tersebut demi mencegah penyebaran virus corona ke warga lainnya

"Diawasi petugas TNI-Polri di PPKM Mikro, ini untuk mencegah agar yang reaktif tidak menular ke masyarakat yang lain," ujar eks Kapolda Banten itu.

Simak selengkapnya di halaman berikutnya.



Simak Video "Desa di Kudus Lockdown Gegara Puluhan Warga-Kades Kena Corona"
[Gambas:Video 20detik]