Jaga Kelestarian Alam, Bupati Kebumen Lepas Puluhan Tukik di Pantai

Rinto Heksantoro - detikNews
Minggu, 06 Jun 2021 21:30 WIB
Pelapasan Tukik di Pantai di Kebumen
Foto: Rinto Heksantoro/detikcom
Jakarta -

Bupati Kebumen Arif Sugiyanto bersama Wakil Bupati Kebumen Ristawati Purwaningsih melepas puluhan tukik di kawasan Pantai Kali Buntu, Desa Jogosimo, Kecamatan Klirong. Selain untuk menjaga kelestarian dan keseimbangan alam, kawasan yang masuk wilayah konservasi penyu itu juga akan dijadikan wisata bahari berkelas internasional.

Pelepasan tukik yang dilaksanakan pada Minggu (6/6/2021) ini merupakan salah satu rangkaian acara peringatan Hari Lingkungan Hidup 2021 yang jatuh jatuh setiap tanggal 5 Juni. Wilayah konservasi penyu ini menjadi salah satu perhatian bupati dan akan terus dilestarikan dan dijaga keberlangsungannya untuk keseimbangan alam.

"Kelestarian alam ini bukan hanya kita yang menikmati, tapi juga anak cucu kita ke depan. Lingkungan dan alam ini harus kita jaga. Apalagi lingkungan yang masuk wilayah konservasi. Ini harus betul-betul kita rawat dan kita jaga, jangan sampai anak cucu kita sudah tidak bisa lagi melihat keindahan penyu di Kebumen," kata Arif Sugiyanto, Minggu (6/6/2021).

Sedikitnya 75 tukik yang dilepaskan oleh bupati dan para jajaran terkait. Arif mengatakan wilayah konservasi ini nantinya akan dipadukan dengan konsep shrimp estate atau lumbung udang dalam pembangunan kawasan industri. Bahkan Kali Buntu, juga akan dijadikan wisata bahari berkelas internasional.

"Di Kali Buntu ini pada bulan Juni ini Insyaallah akan kita rubah namanya menjadi Kali Ratu. Artinya kita punya komitmen, sungai aja kita rubah menjadi ratu. Ratu adalah mahkota yang harus kita jaga. Kita akan ubah Kali Buntu ini menjadi wisata bahari yang lebih bagus dari Ancol, berkelas internasional," jelasnya.

Sebelumnya pada Sabtu (5/6) kemarin, Arif Sugiyanto telah meluncurkan program Pembentukan Desa Mandiri Konservasi dengan 'YU DARSI' atau Ayo Sadar Konservasi, yang dilanjutkan dengan aksi penanaman 100 ribu bibit Mangrove dan pelepasan 50 burung di Muara Kali Ijo Desa Ayah, Kecamatan Ayah.

Penanaman dilakukan secara simbolis yang juga dihadiri oleh Sekda Ahmad Ujang Sugiono, Ketua TP PKK Kebumen Iin Windarti, Kepala Disperkim LH Edi Rianto, Kepala Dinas Kominfo Cokro Aminoto, serta jajaran terkait.

(ncm/ega)