Didorong Duet di 2024, Elektabilitas Airlangga Kalah dari AHY di 3 Survei Ini

Tim detikcom - detikNews
Minggu, 06 Jun 2021 13:30 WIB
Setelah menetapkan Airlangga Hartarto sebagai ketua umum, Munas Golkar resmi ditutup. Penutupan Munas Golkar dilakukan oleh Wakil Presiden Maruf Amin.
Airlangga Hartarto (Agung Pambudhy/detikcom)
Jakarta -

Partai Demokrat (PD) mendorong ketua umum (ketum) mereka Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) berduet dengan Airlangga Hartarto pada Pilpres 2024. Namun Golkar menegaskan bahwa hasil munas Golkar 2019 menetapkan Airlangga sebagai capres. Berapa elektabilitas AHY dan Airlangga?

Berdasarkan catatan yang dihimpun detikcom, Minggu (6/6/2021), AHY dan Airlangga masuk sebagai kandidat capres berdasarkan survei 3 lembaga berbeda. Di mana elektabilitas AHY selalu berada di atas Airlangga.

Berikut elektabilitas AHY dan Airlangga:

1. Survei Parameter Politik Indonesia

Survei teranyar dilakukan Parameter Politik Indonesia. Berdasarkan survei Parameter Politik Indonesia, yang dilakukan pada 23-28 Mei 2021, elektabilitas AHY sebesar 5,6 persen. Sedangkan Airlangga hanya 0,4 persen.

Survei Parameter Politik Indonesia dilakukan dengan metode telepolling menggunakan kuesioner. Jumlah sampel sebanyak 1.200 responden dengan metode simple random sampling dari 6.000 nomor ponsel.

Ribuan nomor ponsel itu dipilih secara acak dari kerangka sampel yang ada, dan disesuaikan dengan proporsi populasi secara gender. Margin of error survei kurang-lebih 2,9 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.

Dalam survei ini, AHY berada di posisi ke-4 di bawah Prabowo Subianto, Ganjar Pranowo, dan Anies Baswedan. Prabowo bertengger di posisi puncak dengan elektabilitas 16,5 persen.

Baca 2 survei lainnya di halaman berikutnya.

Simak video 'Simulasi Paslon Pilpres via Survei, Prabowo-Puan Kalah dari Anies-AHY':

[Gambas:Video 20detik]