Suasana Road Bikers Ramaikan JLNT Kp Melayu-Tanah Abang Pagi Ini

Tiara Aliya Azzahra - detikNews
Minggu, 06 Jun 2021 07:17 WIB
Jakarta -

Jalan layang non tol (JLNT) Kampung Melayu-Tanah Abang masih menjadi lintasan uji coba pesepeda road bike. Pagi ini, road bikers meramaikan JLNT Kampung Melayu-Tanah Abang.

Pantauan detikcom di lokasi tepatnya di JLNT sisi Tanah Abang depan City Walk Sudirman, Jakarta Pusat, Minggu (6/6/2021) pukul 07.00 WIB, road bikers berdatangan dari dua arah, baik dari Tanah Abang maupun dari Kampung Melayu. Mereka mengayuh sepeda dengan kecepatan tinggi.

Di lokasi ini, terdapat pembatas barier oranye yang membagi antara jalur kendaraan roda empat dengan road bikers. Namun, hanya road bikers yang diperkenankan melintas di atas JLNT.

Terlihat masih ada pesepeda non-road bike yang mencoba masuk ke JLNT Kampung Melayu-Tanah Abang. Ketika mendapati ini, petugas langsung menghentikan pesepeda tersebut dan mengarahkannya keluar jalur road bike.

"Yang sepeda non-road bike silakan keluar jalur ya," ucap petugas dinas perhubungan.

Road bikers yang datang berolahraga pagi ini terdiri dari muda-mudi hingga dewasa. Mereka bersepeda secara berkelompok dan memakai atribut lengkap.

Puluhan petugas gabungan terdiri dari Dinas Perhubungan DKI Jakarta, Satpol PP dan Polri tampak bersiaga. Ketika hendak berputarbalik, ada road bikers terjatuh lantaran terlalu kencang mengayuh sepedanya. Saat itulah, petugas langsung datang menolong pesepeda tersebut.

Sebagaimana diketahui, Pemprov DKI Jakarta telah meresmikan JLNT Kampung Melayu-Tanah Abang resmi menjadi jalur khusus pesepeda road bike saat weekend. Hal ini berdasarkan hasil rapat Polda Metro Jaya dan Dishub DKI Jakarta.

"Hasil rapat sementara lintasan jalan nontol Kokas yang Karet itu menjadi lintasan permanen road bike setiap Sabtu Minggu saja," kata Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria di kantor Balai Kota, Jakarta Pusat, Senin (31/5).

Riza mengatakan ada jam operasional JLNT tersebut yang dikhususkan untuk pesepeda road bike. Jam operasional tersebut mulai pukul 05.00 hingga 08.00 WIB.

(rfs/rfs)